LUBRICANT ADALAH: CARA PEMAKAIAN YANG AMAN DAN JENIS-JENISNYA

Lubricant adalah suatu produk yang kadang sangat dibutuhkan oleh para pasangan ketika ingin melakukan hubungan intim. Umumnya, organ vagina akan memproduksi lubricant atau pelumas alami untuk memperlancar aktivitas seksual. Sayangnya, ada beberapa orang yang memiliki vagina kering sehingga membutuhkan pelumas buatan agar kegiatan seksual tidak berakhir dengan rasa sakit.

Mau diakui atau tidak tapi kualitas saat berhubungan intim menjadi salah satu kunci dalam keharmonisan rumah tangga beberapa pasangan. Kalau ada salah satu orang dari pasangan yang merasa tidak puas, maka orang tersebut bisa saja mencari orang lain. Oleh karena itu, tidak heran kalau banyak orang memilih untuk menggunakan lubricant ketika berhubungan.

Lubricant Adalah…

Beberapa pasangan mengaku kalau hubungan seksual mereka bisa terasa lebih nyaman dan minim akan rasa sakit ketika menggunakan lubricant atau pelumas. Hal ini tentu menjadi harapan banyak pasangan ketika berhubungan intim, mendapatkan kepuasan dan rasa nyaman.

Jika demikian, sebenarnya apa itu lubricant dan bagaimana untuk memakainya hingga bisa memberikan rasa nyaman dan puas?

Pada dasarnya, lubricant adalah cairan pelumas yang biasanya digunakan untuk melancarkan hubungan intim pasangan. Cairan pelumas ini dipakai ketika seseorang perempuan tidak bisa memproduksi pelumas alami dengan cukup.

Meski vagina menghasilkan cairan tapi kalau tidak cukup bisa menimbulkan rasa sakit atau bahkan iritasi bagi pasangan. Jadi, salah satu solusinya adalah menggunakan lubricant buatan untuk mengurangi gesekan antara penis dan vagina.

Selain itu, pelumas buatan ini juga berguna apabila pasangan ingin melakukan hubungan intim dalam waktu yang cepat dan tidak bisa menunggu keluarnya lubricant alami dari vagina.

Cara Pakai Lubricant saat Bercinta

Sobat Sehat harus tahu kalau vagina yang sehat sekalipun bisa mengalami kekeringan karena beberapa faktor. Oleh karena itu, ada beberapa keadaan yang mengharuskan menggunakan lubricant adalah saat vagina kering, fluktuasi hormon, menopause, vagina nyeri, dan cairan pelumas alami hanya sedikit.

Meski bisa memberikan rasa nyaman dalam berhubungan intim tapi untuk mencapainya Sobat Sehat harus menggunakan pelumas dengan baik. Berikut beberapa langkahnya:

  • Pastikan sudah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum menggunakan pelumas.

  • Gunakan lubricant sesuai kebutuhan, jangan terlalu banyak. Bila terasa kurang licin baru tambahkan sedikit demi sedikit sebelum lanjut bercinta.

  • Tuangkan lubricant ke tangan terlebih dahulu sebelum dioleskan ke bagian kelamin.

  • Bagi wanita oleskan pelumas pada bibir dalam vagina, sedangkan untuk pria oleskan pada kepala dan batang penis.

  • Jika sudah selesai bercinta, maka bersihkan tubuh dari sisa lubricant.

Jenis Lubricant yang Ada di Apotek

Sebelum melakukan pemakaian lubricant seperti yang sudah dijelaskan, Sobat Sehat perlu memilih jenis pelumas yang cocok. Berbagai macam lubricant ini sesuai dengan kebutuhan dan kecocokan dengan kulit. Nah, jenis-jenis lubricant adalah sebagai berikut:

  • Pelumas berbahan dasar air, yang cukup populer karena bisa digunakan dalam aktivitas seksual apapun.

  • Lubricant berbahan dasar minyak, yang bisa digunakan tapi harus hati-hati.

  • Pelumas berbahan dasar silikon, yang cocok bagi Sobat Sehat yang memiliki kulit sensitif.

Berbagai jenis pelumas yang aman untuk berhubungan intim ini bisa Sobat Sehat dapatkan di Apotek K-24 terdekat, lho. Bahkan, di bulan Mei 2024 ini ada beberapa merek pelumas yang sedang ada potongan harga di Apotek K-24, jadi jangan sampai ketinggalan, ya.

Demikian ulasan tentang lubricant adalah, cara pemakaian pelumas yang baik, dan jenis-jenis lubricant yang bisa digunakan, semoga bermanfaat. Yuk, jaga kenyamanan saat berhubungan intim bersama Apotek K-24!