5 PENYEBAB ASAM LAMBUNG NAIK YANG HARUS DIHINDARI

Penyebab asam lambung naik perlu dipahami dengan pasti karena gangguan kesehatan ini sangat umum terjadi. Bahkan, mungkin hampir semua orang di dunia ini pernah mengalami asam lambung naik walau tidak pernah menyadarinya. Meskipun tidak membahayakan nyawa tapi asam lambung naik dapat menimbulkan ketidaknyamanan dan mengganggu kegiatan sehari-hari, lho.

Asam lambung naik adalah kondisi ketika cairan asam lambung naik ke kerongkongan. Keadaan ini membuat penderitanya merasakan sakit perut, ulu hati terasa panas, perut kembung, dan lain-lain. Oleh karena itu, untuk menghindarinya Sobat Sehat perlu mengenali apa yang menyebabkan asam lambung. Sebab, asam lambung naik terjadi bukan karena tiba-tiba, ada hal-hal yang memicunya.

Apa Penyebab Asam Lambung Naik yang Perlu Diwaspadai?

Paparan asam lambung pada organ lain yang terjadi berulang-ulang bisa menyebabkan iritasi. Tidak seperti organ lambung yang memang sudah memiliki pelindung.  Asam lambung naik pada dasarnya disebabkan karena melemahnya cincin sfingter esofagus, sebuah otot yang menjadi pembatas antara kerongkongan dan lambung.

Dalam keadaan normal, otot akan berkontraksi dan menutup sehingga dapat mencegah isi lambung untuk mengalir ke kerongkongan. Namun, pada penderita asam lambung, sfingter esofagus justru relaks sehingga isi lambung mudah naik. Kondisi didorong karena beberapa hal, seperti:

Konsumsi Makanan atau Minuman Pemicu Asam Lambung

Penyebab asam lambung naik yang pertama adalah sering mengonsumsi makanan atau minuman pemicu. Contoh-contoh makanan ini bisa berupa makanan yang tinggi lemak, makanan pedas, makanan dengan rasa asam, cokelat, dan juga minuman bersoda.

Jenis-jenis makanan tersebut membutuhkan waktu lama untuk dicerna sehingga suasana lambung akan terasa lebih asam. Selain itu, juga membuat sfingter esofagus mengendur.

Berbaring setelah Makan

Kebiasaan yang perlu Sobat Sehat hindari adalah berbaring atau tidur setelah selesai makan besar. Jadi, jangan langsung berbaring setelah makan, ya, sebaiknya tunggu hingga 2 atau 3 jam terlebih dahulu. Selain itu, konsumsi makanan juga disarankan dalam porsi kecil-kecil saja, jangan langsung dengan porsi besar karena bisa membuat asam lambung meningkat.

Stres dan Cemas

Sering cemas dan stres berlebihan ternyata menjadi penyebab asam lambung naik yang selanjutnya. Ada yang menyebutkan kalau hubungan stres dan asam lambung ini seperti lingkaran setan. Sebab, orang yang mudah stres akan rentan terkena asam lambung.

Begitu pula sebaliknya, penderita asam lambung juga mudah stres karena penyakitnya yang tidak sembuh-sembuh. Bahkan, sudah banyak jurnal kesehatan yang meneliti hubungan keduanya dan memang terbukti.

Kegemukan

Sobat Sehat yang memiliki berat badan berlebih ini harus berhati-hati karena risiko terkena asam lambung lebih besar. Obesitas biasanya disertai dengan lemak yang muncul di bagian perut. Nah, para ahli kesehatan percaya kalau kelebihan lemak ini dapat menambah tekanan pada lambung.

Tidak hanya itu saja, orang dengan obesitas biasanya memiliki hormon estrogen yang lebih banyak, hal ini banyak dikaitkan dengan gejala asam lambung naik.

Merokok

Penyebab asam lambung naik yang selanjutnya adalah kebiasaan hidup tidak sehat, seperti merokok. Selain merusak sistem pernapasan, asap rokok juga bisa merusak sistem pencernaan, lho, khususnya lambung. Sebab, merokok akan menurunkan tekanan sfingter esofagus.

Oh iya, orang yang merokok juga pasti sering mengalami batuk-batuk. Nah, setiap kali seseorang batuk, maka tekanan pada perut juga akan meningkat dan dapat menyebab asam lambung naik. Jadi, merokok ini sangat merugikan diri sendiri, ya.

Itu dia beberapa kebiasaan dan penyebab asam lambung naik yang perlu Sobat Sehat hindari jika tidak ingin mengalami gangguan lambung. Namun, apabila sudah terlanjur mempunyai asam lambung, Sobat Sehat bisa siap-siap obat asam lambung di Apotek K-24 agar gejalanya cepat hilang.

Selain menggunakan obat asam lambung, Sobat Sehat juga disarankan untuk memperbaiki gaya hidup sehat, seperti makan makanan bergizi seimbang, tidur tepat waktu, manajemen stres, rutin berolahraga, dan lain-lain. Demikian ulasan tentang penyebab asam lambung naik, semoga bermanfaat. Yuk, selalu jaga kesehatan bersama Apotek K-24!