6 FUNGSI VITAMIN K UNTUK KESEHATAN TUBUH YANG TIDAK BOLEH TERLEWATKAN

Fungsi vitamin K mungkin tidak banyak orang yang mengetahuinya dengan pasti karena popularitas nutrisi ini kalah dari vitamin A, vitamin B kompleks, atau vitamin lainnya. Padahal, vitamin yang satu ini juga berperan penting dalam mendukung fungsi-fungsi organ dalam, lho. Bahkan, Sobat Sehat bisa saja mengalami gangguan kesehatan ketika kekurangan vitamin K, seperti mudah mengalami perdarahan di dalam kulit.

Oleh karena itu, Sobat Sehat selalu disarankan untuk mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang, di mana salah satunya adalah vitamin K ini. Sayangnya, masih banyak orang yang terkadang menyepelekan asupan gizi ini karena kurang pengetahuan atau kesadaran. Ini tentu saja bisa merugikan Sobat Sehat sendiri karena tubuh sangat membutuhkannya.

Fungsi Vitamin K untuk Kesehatan Tubuh

Vitamin K merupakan salah satu vitamin yang bisa larut dalam lemak dan memiliki banyak kebaikan bagi kondisi tubuh. Tidak hanya penting dalam pertumbuhan fisik anak, vitamin K juga sangat berpengaruh pada kesehatan orang yang akan memasuki lanjut usia.

Pada umumnya, vitamin K terbagi menjadi 2 bagian, yaitu vitamin K1 dan vitamin K2. Masing-masing vitamin K ini sama-sama memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Apa saja? Berikut penjelasan lengkapnya Menurut Kemenkes RI:

Membantu dalam Proses Pembekuan Darah

Fungsi vitamin K yang paling utama adalah dapat membantu dalam proses pembekuan atau penggumpalan darah. Pembekuan darah sendiri memerlukan proses yang begitu rumit dan membutuhkan protein yang harus diaktifkan oleh vitamin K. Selain membantu pembekuan darah, vitamin K juga mencegah perdarahan di dalam kulit atau yang sering disebut dengan memar-memar.

Meningkatkan Kesehatan Tulang dan Gigi

Vitamin K ternyata juga bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan tulang dan juga gigi. Ini karena untuk bisa menggunakan kalsium, tulang atau gigi membutuhkan zat osteocalcin yang mana dapat aktif jika tubuh memiliki asupan vitamin K.

Oleh karena itu, secara tidak langsung vitamin K membantu dalam meningkatkan kepadatan mineral tulang. Berdasarkan penelitian sendiri, seorang perempuan yang sudah menopause tidak mudah mengalami patah tulang karena vitamin K di dalam tubuhnya cukup tinggi.

Menjaga Kesehatan Jantung

Apabila ingin terhindar dari penyakit jantung, maka Sobat Sehat sebaiknya selalu memenuhi asupan vitamin K. Sebab, fungsi vitamin K yang selanjutnya adalah dapat melancarkan aliran darah pada pembuluh darah di area jantung.

Vitamin K sendiri bermanfaat dalam membawa mineral kalsium untuk mencegah terjadinya endalam dalam pembuluh darah. Ketika aliran darah lancar, maka risiko terkena penyakit jantung pun menurun.

Mengurangi Risiko Penyakit Kanker

Manfaat vitamin K yang sangat besar adalah mengurangi risiko penyakit kanker. Sebuah penelitian membuktikan kalau orang-orang yang rutin mendapatkan asupan vitamin K memiliki kemungkinan kecil terserang kanker daripada mereka yang jarang mengonsumsi vitamin K. Sayangnya, ini tidak berlaku pada semua jenis penyakit kanker saja, hanya terbukti pada kanker prostat, paru-paru, dan hati.

Melawan Penyakit Autoimun

Fungsi vitamin K yang selanjutnya dapat melawan keadaan tubuh yang autoimun. Penyakit autoimun merupakan penyakit yang muncul saat sistem imun mengalami gangguan sehingga malah menyerang jaringan tubuh sendiri. Nah, vitamin K ini dapat membalikkan efek dari respon autoimun hingga mencegah beberapa penyakit.

Menurunkan Resistensi Insulin

Keadaan kadar gula darah tinggi yang terjadi terus lama-kelamaan dapat membuat insulin kewalahan mengatasinya. Inilah yang membuat penyakit diabetes berbahaya. Namun, kalau setiap hari Sobat Sehat memenuhi asupan vitamin K, nutrisi ini bisa meningkatkan tingkat sensitivitas insulin sehingga risiko penyakit diabetes pun berkurang asal disertai dengan gaya hidup sehat.

Melihat banyaknya fungsi vitamin K bagi kesehatan tubuh tentu sayang sekali kalau dilewatkan, ya. Oleh karena itu, jangan lupa penuhi vitamin K dengan menu makan sehat. Selain itu, Sobat Sehat juga bisa memenuhi kebutuhan vitamin K melalui suplemen atau multivitamin yang ada di Apotek K-24 terdekat, lho.

Melalui multivitamin ini, kebutuhan vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, hingga vitamin K ini bisa terpenuhi sekaligus. Namun, sebelum mendapatkan fungsi vitamin K dengan mengonsumsinya, Sobat Sehat sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan apoteker di Apotek K-24 terlebih dahulu, ya, agar terjamin keamanannya. Yuk, penuhi nutrisi setiap hari bersama Apotek K-24!