SAKIT KEPALA BAGIAN ATAS, APA PENYEBABNYA DAN BAGAIMANA CARA MENGATASINYA?

Sakit kepala bagian atas tentu saja bisa sangat mengganggu kegiatan sehari-hari karena menyebabkan rasa ketidaknyamanan. Keluhan ini mungkin pernah dirasakan sebagian besar orang karena menjadi gangguan yang umum terjadi. Penderitanya sendiri biasanya akan merasakan beban yang terasa berat hingga seolah-olah akan tak sadarkan diri.

Kadang kala masih banyak orang yang menyepelekan gangguan sakit kepala karena terbilang biasa terjadi. Walau umumnya tidak membahayakan nyawa, sakit kepala yang mengganggu perlu penanganan yang tepat agar Sobat Sehat bisa cepat kembali pada aktivitas. Namun, untuk mengatasinya ini Sobat Sehat tentu saja harus mengetahui penyebabnya dengan tepat, ya.

Sakit Kepala Bagian Atas, Apa Penyebabnya?

Munculnya sakit kepala bisa terjadi secara tiba-tiba dan berlangsung selama berjam-jam. Namun, ada juga yang merasakan sakit kepala hanya beberapa saat saja. Jadi, sakit kepala ini bisa berbeda-beda lama dan intensitasnya, tergantung penyebab utamanya.

Sakit kepala sendiri sebenarnya bisa muncul karena berbagai hal, mulai dari kebiasaan hidup sehari-hari hingga penyakit tertentu. Nah, berikut beberapa penyebab umum yang membuat Sobat Sehat merasakan sakit kepala:

Sakit Kepala Tegang

Kepala tegang merupakan penyebab dari sakit kepala bagian atas yang paling sering terjadi. Kondisi ini dapat membuat penderita merasakan sakit kepala yang seolah-olah sedang diikat di kedua sisi kepala dengan ketat. Ada beberapa faktor yang menyebabkan ketegangan kepala, contohnya sering menatap layar komputer/gadget, stres, dan kurangnya waktu istirahat.

Migrain

Tidak hanya kepala yang tegang, migrain juga menjadi salah satu alasan mengapa seseorang merasakan sakit kepala. Bedanya migrain dengan sakit kepala biasa adalah migrain ditandai dengan rasa berdenyut pada salah satu bagian kepala, entah kanan atau kiri. Namun, rasa sakit ini biasanya akan menjalar hingga kepala bagian atas sehingga Sobat Sehat harus berhati-hati.

Dehidrasi

Salah satu gangguan kesehatan yang cukup berbahaya adalah dehidrasi, suatu keadaan di mana tubuh mengalami kekurangan cairan. Dehidrasi dapat menyebabkan sel-sel dalam tubuh menyusut, khususnya sel otak.

Nah, menyusutnya sel otak ini ternyata bisa menjadi penyebab utama dari sakit kepala bagian atas, lho. Oleh karena itu, Sobat Sehat selalu disarankan untuk minum air putih sebanyak 1,5 hingga 2 liter setiap hari untuk menghindari dehidrasi.

Gula Darah Rendah

Tidak hanya gula darah tinggi yang berbahaya tapi kadar gula darah yang rendah dalam darah juga cukup membahayakan. Sebab, hipoglikemia (gula renda) dapat menimbulkan sakit kepala tak tertahankan di bagian atas. Ketika gula dalam darah rendah, ini membuat tubuh kekurangan sumber energi sehingga Sobat Sehat akan merasa lemas, penglihatan buram, dan lain-lain.

Kurang Tidur

Penyebab sakit kepala bagian atas yang selanjutnya adalah karena kurangnya waktu tidur sehingga kualitas hidup bisa menurun. Saat tubuh tidak mendapatkan cukup istirahat karena begadang, maka tubuh akan rentan mengalami gangguan kesehatan seperti sakit kepala.

Selain itu, kualitas tidur yang buruk ini lama-kelamaan dapat membuat sel-sel dan jaringan rusak karena tidak ada waktu untuk memperbaiki secara alami. Jadi, jangan sampai sepelekan waktu tidur setiap hari, ya, biasakan untuk selalu tidur selama 7-8 jam setiap hari.

Caffeine Withdrawal

Ketika Sobat Sehat sudah terbiasa minum kopi setiap hari dan tiba-tiba berhenti, hal ini bisa menimbulkan keadaan caffeine withdrawal, lho. Kehilangan kafein yang biasanya didapatkan tubuh bisa menyebabkan pelebaran pembuluh darah di otak hingga memicu sakit kepala bagian atas. Jadi, selalu hati-hati ketika ingin minum kopi, ya.

Itu dia beberapa penyebab di balik munculnya sakit kepala yang perlu diwaspadai. Nah, dalam mengatasinya sendiri Sobat Sehat sebenarnya bisa membiarkannya beberapa waktu tapi disertai dengan istirahat sejenak.

Namun, kalau sakit kepala tidak hilang-hilang, Sobat Sehat bisa minum obat sakit kepala yang ada di Apotek K-24 terdekat, lho. Umumnya sakit kepala akan cepat menghilang setelah minum obat dari Apotek K-24 ini. Yuk, jaga kesehatan terus bersama Apotek K-24!