PELUMAS YANG BAGUS UNTUK BERHUBUNGAN, BAGAIMANA MEMILIHNYA?

Bagi sebagian orang melakukan hubungan intim kadang kala membutuhkan pelumas yang bagus untuk berhubungan. Pelumas alami terkadang tidak cukup untuk berhubungan intim karena kondisi tertentu. Oleh karenanya, tanpa menggunakan pelumas atau lubrikan bisa saja aktivitas seksual bukan nikmat tapi malah menyakitkan.

Hal tersebut tentu saja membuat pasangan yang melakukan hubungan intim tidak nyaman dan kurang menyenangkan. Selain itu, ketika pelumas alami tidak cukup, maka kondisi ini bisa menyebabkan beberapa risiko, seperti luka pada organ kelamin, perdarahan, dan lain sebagainya. Nah, salah satu solusi dari masalah ini adalah pelumas yang bisa meningkatkan kepuasan saat berhubungan intim.

Jenis Pelumas yang Bagus untuk Berhubungan

Sayangnya, memilih pelumas atau lubrikan ini tidak boleh sembarangan, ya. Sebab, salah menggunakan jenis pelumas, Sobat Sehat justru dapat mengalami alergi atau iritasi kulit. Terdapat dua hal penting yang perlu dipertimbangkan ketika memilih pelumas yang aman, yaitu:

  • Osmolalitas

  • Pengaruh cairan terhadap pH vagina

Pada kondisi yang normal, cairan pelumas harusnya memiliki osmolalitas sebesar 380 mOsm/kg. Sebab, hal ini agar epitel vagina terhindar dari kerusakan. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa jenis pelumas yang bagus untuk berhubungan dan bisa Sobat Sehat gunakan:

Pelumas dari Bahan Alami

Menurut sebuah laman kesehatan, beberapa bahan alami seperti lidah buaya ternyata dapat menjadi lubrikan yang aman. Ini karena lidah buaya tidak mengandung bahan kimia keras, pengawet, dan pewangi sintetis.

Lidah buaya juga memiliki sifat yang licin dan aman untuk kesehatan kulit. Selain lidah buaya, sebenarnya masih ada juga minyak kelapa dan minyak zaitun. Meskipun aman, Sobat Sehat tetap harus berhati-hati untuk memakainya, ya, dan lebih baik konsultasi dengan dokter dahulu.

Pelumas dengan Bahan Dasar Air

Jenis lubrikan yang paling banyak tersedia di pasaran biasanya berbahan dasar air. Pelumas ini menjadi salah satu pelumas yang bagus untuk berhubungan intim karena cocok digunakan dengan semua jenis kondom dan terasa seperti lubrikan alami. Selain itu, pelumas berbahan dasar air juga mudah untuk dicuci sehingga tidak akan menodai kain.

Pelumas untuk Kulit Sensitif

Sobat Sehat perlu tahu kalau terdapat beberapa jenis pelumas yang dikhususkan untuk kulit sensitif. Jenis lubrikan yang satu ini biasanya menghindari bahan-bahan yang bisa menyebabkan iritasi, contohnya seperti petroleum jelly, propylene glycol, dan lain sebagainya.

Umumnya, pelumas yang menggunakan aroma atau rasa tertentu akan mengandung bahan-bahan yang dapat menyebabkan iritasi. Jadi, sebelum memilih pelumas yang sesuai preferensi, sebaiknya baca labelnya lebih cermat lagi, ya, agar tidak menyebabkan masalah kesehatan lanjutan,

Rekomendasi Pelumas yang Bagus untuk Berhubungan di Apotek

Sobat Sehat bisa mendapatkan beberapa jenis pelumas di atas di toko-toko retail atau di Apotek K-24 terdekat. Ada banyak sekali pelumas yang bisa Sobat Sehat gunakan, baik yang berbahan air, minyak, silikon, dan lain sebagainya.

Berikut beberapa lubrikan atau pelumas yang bagus untuk berhubungan yang ada di Apotek K-24:

  • Vigel Dura-O (3400)

  • Vigel 2in1 (8300)   

  • Vigel Gel

  • Durex Play Feel

  • Durex Play Massage 2in1

  • Vivo Strawberry Lube

  • Sensitif Vivo Fire & Ice

  • Sutra Lubricant Gel

Itu dia beberapa pilihan pelumas yang ada di Apotek K-24. Oh iya, untuk produk Vigel Dura-O ini sedang ada potongan harga Rp3.400,00 dan Vigel 2in1 potongan harga sebesar Rp8.300,00. Promo menarik ini hanya berlaku di beberapa gerai Apotek K-24 tertentu selama periode 1-29 Februari 2024.

Demikian penjelasan tentang jenis dan rekomendasi pelumas yang bagus untuk berhubungan intim. Yuk, nyamankan hubungan intim dengan pasangan bersama Apotek K-24!