SUPLEMEN UNTUK ANAK BERPUASA, PENTING UNTUK JAGA KESEHATAN!

Menjaga kesehatan tubuh anak ketika melaksanakan ibadah puasa memang sangat penting. Sebab, ketika tubuh anak tidak dalam keadaan sehat dan fit, maka puasa dan aktivitas sehari-hari bisa saja terganggu. Salah satu cara menjaga kesehatan anak ini bisa dengan konsumsi makanan sehat atau suplemen untuk anak berpuasa.

Puasa untuk umat muslim adalah kegiatan menahan diri dari makanan dan minuman selama lebih dari 12 jam. Tidak adanya makanan dan minuman ini membuat asupan nutrisi juga akan berkurang selama berpuasa. Oleh karenanya, menambah suplemen dan multivitamin dalam menu makan bisa memenuhi kebutuhan nutrisi setiap hari.

Suplemen untuk Anak Berpuasa yang Penting untuk Kesehatan

Ketika kekurangan nutrisi seperti air, mineral, gizi, dan vitamin, maka tubuh akan merasakan rasa lelah, letih, dan lemas. Kondisi ini sebenarnya normal terjadi saat anak-anak atau orang dewasa menjalankan puasa.

Sehingga konsumsi suplemen atau multivitamin tambahan saat berpuasa ini dapat mempertahankan kebugaran dan meningkatkan daya tahan tubuh. Berikut beberapa suplemen atau multivitamin penting yang perlu dicukupi ketika berpuasa:

Vitamin C

Jenis vitamin pertama yang sangat penting untuk kehidupan sehari-hari, apalagi saat berpuasa adalah vitamin C. Suplemen dengan kandungan vitamin C bisa menunjang aktivitas Sobat Sehat sehari-hari, lho, apalagi yang sedang berpuasa.

Sebab, vitamin C menjadi sumber antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan meningkatkan sistem imun tubuh. Alhasil, Sobat Sehat tidak mudah terserang penyakit maupun infeksi virus.

Vitamin A

Suplemen untuk anak berpuasa yang penting selanjutnya adalah vitamin A. Sama seperti vitamin C, vitamin A juga baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh di samping dapat menjaga kesehatan mata. Selain itu, adanya beta karoten pada vitamin A bisa meningkatkan fungsi kornea dan retina saat Sobat Sehat berpuasa.

Vitamin D

Apabila vitamin A dan vitamin C bekerja untuk daya tahan tubuh, maka vitamin D ini bisa membantu anak dalam mengontrol emosi. Seperti yang Sobat Sehat ketahui, puasa tidak hanya menahan lapar tapi juga menahan emosi dan perilaku buruk.

Vitamin D ternyata memiliki peran penting dalam perkembangan dan menjaga kinerja otak. Caranya adalah dengan mengeluarkan hormon serotonin dan dopamine sehingga dapat mengurangi rasa depresi.

Zinc atau Seng

Menjaga daya tahan tubuh tidak hanya membutuhkan vitamin saja, karena asupan mineral juga dibutuhkan. Oleh karena itu, zinc menjadi suplemen untuk anak berpuasa yang penting selanjutnya. Selain meningkatkan imun, zinc juga berperan dalam membantu kerja kognitif, motorik, dan psikososial.

Magnesium

Apabila anak sedang berpuasa tetapi tetap harus menjalankan aktivitas berat, maka Sobat Sehat bisa memberikan tambahan suplemen yang mengandung magnesium. Mineral magnesium ini dapat mencegah rasa lelah dan kram otot ketika beraktivitas.

Selain itu, magnesium juga berfungsi untuk menjaga fungsi sistem saraf, dengan memastikan bahwa sinyal ke otak bekerja secara lancar.

Yodium

Suplemen untuk anak berpuasa yang terakhir adalah yodium. Mineral yang satu ini bermanfaat untuk menjaga metabolisme tubuh dan meningkatkan fungsi tiroid. Apabila tubuh kekurangan yodium, maka Sobat Sehat bisa mengalami hipotiroidisme.

Beberapa gejalanya adalah mudah lelah, susah buang air besar (BAB), dan kenaikan berat badan ketika berpuasa.

Itulah beberapa vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh ketika Sobat Sehat menjalankan ibadah puasa. Pastikan untuk membeli suplemen atau multivitamin di Apotek K-24 yang mengandung beberapa kandungan di atas, ya.

Waktu untuk minum vitamin atau suplemen saat puasa sendiri hanya dapat dilakukan ketika sahur atau buka puasa saja. Namun, sebelum mengonsumsinya, lebih baik Sobat Sehat konsultasikan terlebih dahulu dengan apoteker di Apotek K-24. Suplemen atau multivitamin memang tidak menimbulkan risiko atau efek samping. Tapi beda keadaan kalau Sobat Sehat sedang mengonsumsi obat tertentu.

 Jaga kesehatan saat puasa bersama Apotek K-24!