WAKTU TERBAIK MINUM VITAMIN SAAT PUASA DAN REKOMENDASI VITAMIN DI APOTEK K-24

Beberapa hari lagi masyarakat Indonesia akan menyambut bulan Ramadhan, waktu di mana Sobat Sehat harus berpuasa selama 30 hari. Puasa memang kewajiban untuk sebagian besar masyarakat, tetapi jangan sampai lupa untuk memenuhi kebutuhan nutrisi setiap hari, khususnya vitamin. Lalu kapan saja waktu terbaik minum vitamin saat puasa?

Puasa untuk kaum muslim biasanya mengharuskan mereka untuk menahan lapar dan haus selama lebih dari 12 jam. Artinya, penting bagi Sobat Sehat memenuhi kebutuhan vitamin agar daya tahan tubuh tetap terjaga selama berpuasa. Selain buah dan sayur, asupan vitamin juga bisa Sobat Sehat penuhi dengan minum suplemen atau vitamin tambahan.

Waktu Terbaik Minum Vitamin saat Puasa

Vitamin adalah nutrisi mikro yang perannya sangat penting untuk mendukung fungsi organ dan jaringan tubuh. Berdasarkan North Dakota State University, konsumsi vitamin yang tepat dan baik bergantung pada jenis vitamin itu sendiri.

Sebab, masing-masing jenis vitamin mempunyai waktu bekerja paling baik yang berbeda-beda.Terdapat dua jenis vitamin yang perlu dikonsumsi, yaitu vitamin yang larut dalam air dan juga vitamin yang hanya larut dengan lemak.

a. Saat Sahur

Selama berpuasa, waktu yang bisa untuk minum vitamin hanyalah saat sahur dan buka puasa. Saat sahur sebaiknya Sobat Sehat konsumsi vitamin yang bisa larut dalam air, seperti vitamin B2, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, dan asam folat.

b. Saat Buka Puasa

Sedangkan saat buka puasa sebaiknya Sobat Sehat mengonsumsi vitamin yang hanya larut dalam lemak, seperti vitamin A, vitamin E, vitamin D, dan vitamin K. Sebab, ketika buka puasa tubuh akan mendapatkan asupan lemak dari makanan yang bisa melarutkan vitamin.

Alhasil, vitamin akan dibawa oleh aliran darah dan mengoptimalkan fungsi-fungsi organ manusia.

Rekomendasi Vitamin di Apotek K-24 saat Bulan Puasa

Melihat penjelasan di atas, waktu terbaik minum vitamin saat puasa ini tergantung dari jenis vitamin itu sendiri. Artinya, Sobat Sehat bisa menjadwalkan sendiri kapan harus minum vitamin apa agar vitamin bisa bekerja dengan baik.

Selain waktu minum vitamin, produk vitamin juga perlu Sobat Sehat perhatikan. Terdapat beberapa rekomendasi vitamin dan suplemen di Apotek K-24 yang dapat menjadi pertimbangan, di antaranya:

Ever E

Suplemen yang khusus mengandung vitamin E dan bersifat antioksidan, sehingga dapat melawan radikal bebas dalam tubuh. Vitamin ini berguna untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan memelihara kesehatan kulit.

Renovit

Kaplet yang memiliki kandungan mineral dan multivitamin di dalamnya. Dalam Renovit sendiri terdapat vitamin A, vitamin, B, vitamin B2, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, vitamin E, vitamin D, dan berbagai mineral yang dapat menjaga imunitas tubuh.

Protecal

Minuman suplemen yang dapat berfungsi untuk perkembangan anak, wanita hamil dan menyusui, serta orang lanjut usia. Ada vitamin C, vitamin D, vitamin B6, dan kalsium yang ada dalam komposisi Protecal.

Stimuno

Stimuno kapsul maupun sirup merupakan sediaan fitofarmaka yang berasal dari ekstrak tanaman Phyllanthus niruri (Meniran). Produk herbal ini berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah berbagai penyakit.

Imboost

Suplemen yang mengandung Echinacea purpurea herb dry extract dan Zn Picolinate. Ada juga tambahan vitamin C dan vitamin D3 di dalam suplemen yang dapat membantu dalam menjaga sistem kekebalan tubuh selama puasa.

RHEA

Sebuah suplemen dengan berbagai bahan herbal seperti Gardenia jasminoides oleum, Commiphora myrrha oleum, olive oil, dan lain sebagainya. Suplemen ini bermanfaat untuk memperbaiki sistem imunitas tubuh.

Hemaviton

Suplemen kesehatan yang mengandung berbagai vitamin, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin E, dan juga bahan lainnya. Secara umum, hemaviton ini merupakan suplemen yang bisa membantu metabolisme dan memelihara kebugaran tubuh.

YOUVIT

Sebuah multivitamin yang berbentuk gummy sehingga mudah dan nikmat untuk dikonsumsi setiap hari. YOUVIT sendiri memiliki produk yang cocok untuk anak-anak maupun orang dewasa. Di dalam YOUVIT terdapat vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin D, dan vitamin E.

Itulah kapan saja waktu terbaik minum vitamin saat puasa dan beberapa rekomendasi suplemen dan vitamin yang dapat Sobat Sehat temukan di Apotek K-24 atau K24Klik. Jangan lupa untuk selalu memenuhi kebutuhan vitamin setiap hari, ya, agar puasa besok bisa berjalan lancar!