SUKA MENDENGARKAN MUSIK? TERNYATA ADA MANFAATNYA LHO!

Ada yang hobi mendengarkan musik? Musik jenis apa sih yang jadi favoritnya Sobat Sehat saat ini? Dengan canggihnya teknologi saat ini, tentunya kita bisa mendengarkan musik dimanapun dan kapanpun. Misalnya saat macet di jalan, berbelanja di toko, bekerja di kantor, sambil memasak di dapur, dan lain sebagainya.

Padahal ternyata musik tidak hanya untuk hiburan saja, namun juga memiliki manfaat dari segi kesehatan. Berbagai jenis musik bisa meninggalkan kesan dan pengaruh tersendiri bagi pendengarnya. Mendengarkan musik bisa membuat seseorang merasa senang, sedih, menangis, hingga tertawa.

Bahkan menurut ahli kesehatan, musik diperkirakan bagus untuk kesehatan jantung meskipun tidak bisa memperbaiki masalah jantung secara menyeluruh. Namun mendengarkan musik dapat membantu menghilangkan stress dan sedikit mempermudah saat masa penyembuhan setelah proses operasi jantung.

Terapi dengan menggunakan musik pun biasanya digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan, terutama yang berkaitan dengan emosional. Berikut ini merupakan manfaat musik yang bisa didapatkan untuk kesehatan Anda. Yuk simak selengkapnya!

Memperbaiki Suasana Hati

Menurut penelitian, mendengarkan musik dengan nada yang ceria bisa meningkatkan mood seseorang. Tidak hanya akan membuat seseorang lebih ceria, terapi musik pun bisa mengurangi gejala depresi, melawan stress, meningkatkan konsentrasi, hingga menjaga kesehatan otak.

Meringankan Stroke

Musik dianggap bisa meningkatkan penyesuaian otak untuk membuat koneksi baru antara sel0sel otak. Terdapat sebuah penelitian yang melibatkan 60 pasien stroke yang diberikan stimulasi pendengaran. Sepertiga dari pasien tersebut mendengarkan musik selama satu jam sehari, sepertiga lainnya mendengarkan buku audio, dan sisanya tidak menerima stimulasi pendengaran jenis apapun. Setelah selama tiga bulan, pasien yang kerap mendengarkan musik mengalami peningkatan daya ingat verbal sebanyak 60% dan pasien yang mendengarkan buku audio mengalami peningkatan sebanyak 18% dan sisanya 29%.

Meningkatkan Semangat Saat Olahraga

Sobat Sehat hobi mendengarkan musik saat berolahraga? Menurut studi yang dilakukan oleh J. Waterhouse di tahun 2009, mendengarkan musik dengan tempo cepat saat berolahraga dinilai dapat meningkatkan kemampuan fisik dan stamina seseorang.

Mengurangi Stress

Menurut data dari Asosiasi Terapi Musik di Amerika, mendengarkan lagu pun bisa meredakan stress dan kecemasan. Pasien yang mendengarkan musik favorit mereka 30 menit sebelum melakukan operasi pun mengalami penurunan tingkat stress dan akan merasa lebih santai.

Bagaimana nih menurut Sobat Sehat? Apakah ada manfaat lainnya yang Anda dapatkan dari mendengarkan musik? Lagu apa sih yang lagi hobi kalian dengerin?

Source:

Dilansir dari berbagai sumber