MENGAPA FLEK HITAM MUNCUL DI WAJAH? LAKUKAN INI UNTUK PENCEGAHANNYA!

Flek hitam atau ephelis merupakan noda atau bintik-bintik kecil pada kulit yang berwarna lebih gelap dari area di sekitarnya. Flek hitam atau penumpukan pigmen pada kulit ini terletak di permukaan kulit ari (epidermis) atau bisa juga di permukaan kulit dalam (dermis).

Selain bisa terjadi di wajah, flek hitam juga bisa muncul di lengan, dada, hingga leher. Flek hitam pada wajah umumnya ditemukan pada orang-orang yang memiliki jenis kulit berwarna cerah. Meski begitu, flek hitam juga bisa muncul pada orang yang memiliki kulit gelap.

Flek hitam umumnya disebut sebagai freckless. Padahal flek hitam merupakan salah satu jenis freckless selain lentigo. Salah satu jenis lentigo, yakni solar lentigo yang sering muncul pada usia tua dan umumnya disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Tentunya flek hitam di wajah tidak terjadi begitu saja. Flek hitam muncul akibat terjadi peningkatan produksi melanin di kulit yang terjadi setelah kulit terpapar sinar matahari atau sinar ultraviolet. Melanin merupakan pigmen alami yang menentukan warna kulit seseorang, semakin tinggi kandungan melanin pada kulit maka kulit seseorang akan semakin gelap.

Flek hitam terjadi saat kulit menyerap sinar ultraviolet sehingga produksi melanin dalam kulit meningkat. Karenanya, bagian kulit yang memiliki banyak melanin akan mengalami penumpukan, sehingga akan berwarna lebih gelap dibandingkan area di sekitarnya. Sehingga akan terlihat seperti bintik hitam.

Selain disebabkan oleh paparan sinar matahari, flek hitam juga bisa disebabkan akibat faktor hormonal yang terjadi karena penggunaan produk kontrasepsi, penggunaan produk kosmetik yang kurang terjamin, atau bekas luka. 

Flek hitam memang bisa dialami oleh semua usia. Namun terdapat beberapa faktor yang menyebabkan meningkatnya risiko munculnya flek hitam pada kulit. Misalnya seperti paparan sinar matahari yang terlalu lama, orang dengan kulit cerah, serta faktor genetik atau memiliki keluarga yang mengalami kondisi serupa.

Cara Mencegah Flek Hitam

1. Gunakan sunscreen dengan SPF 30 hingga 50, apalagi jika Anda sering beraktivitas di luar ruangan. Meski begitu, sunscreen memang perlu dipakai setiap saat. Apalagi saat cuaca mendung.

2. Jangan lupa untuk mengoleskan sunscreen setidaknya 15 menit sebelum pergi keluar dan oleskan kembali setiap dua jam.

3. Hindari aktivitas di luar ruangan antara jam 10 pagi hingga 4 sore karena paparan sinar UV sangat tinggi. Jika terpaksa beraktivitas di luar ruangan, jangan lupa gunakan pelindung seperti topi atau pakaian lengan panjang dan penutup lainnya. 

4. Pilih produk kosmetik yang terjamin dan lakukan perawatan kulit wajah dengan benar.


Flek hitam umumnya memang tidak berbahaya sehingga tidak memerlukan pengobatan. Bahkan bisa menghilang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Meski begitu, bagi sebagian orang mungkin kondisi ini cukup mengganggu penampilan. 

Jika Anda memiliki flek hitam di wajah dan merasa mengganggu penampilan, Anda bisa mengunjungi klinik dokter agar diberikan penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi kulit.


Source:

Dilansir dari berbagai sumber