BELUM PERNAH DENGAR PENYAKIT ANEURISMA? HINDARI RESIKONYA DARI SEKARANG!

Pernahkah Anda mendengar tentang penyakit Aneurisma?

Aneurisma adalah keadaan yang terjadi karena bagian dari pembuluh darah (arteri) menonjol atau membengkak yang disebabkan oleh struktur pembuluh darah yang rusak atau karena dinding pembuluh darah melemah. Orang yang menderita aneurisma seolah-olah membawa bom waktu karena pembuluh darah bisa pecah sewaktu-waktu dan menyebabkan kematian. Tentunya banyak orang yang penasaran dengan penyakit ini. Setiap penyakit tentu ada penyebabnya. Berikut ini adalah beberapa penyebab yang bisa meningkatkan resiko terserang aneurisma.

Rokok

Bagi Anda yang merokok, penting bagi Anda untuk tahu bahwa rokok adalah salah satu penyumbang terbesar yang bisa meningkatkan resiko terserang berbagai macam penyakit jantung karena dapat menyebabkan aterosklerosis yang merupakan pengerasan dan penyempitan pembuluh darah. Hal ini sudah dibuktikan oleh Study on Air Pollution and Lung and Heart Disease in Adults, dengan meneliti perbedaan pembuluh darah yang merokok dengan yang tidak merokok.

Kolesterol

Kolesterol tentu saja tidak dapat dilupakan bila berhubungan dengan penyakit jantung.  Kolesterol yang menumpuk bisa mengakibatkan penyempitan pembuluh darah apabila tidak segera dibersihkan. Jantung harus bekerja ekstra keras untuk memompa darah sehingga tekanan darah dapat meningkat.

Hipertensi

Sebagai kelanjutan penumpukan kolesterol yang mengakibatkan penyempitan pembuluh darah, seseorang akan terserang hipertensi juga. Karena tekanan darah yang tinggi, jantung akan bekerja ekstra keras dalam jangka waktu yang panjang. Tentu saja hasilnya jantung Anda akan bermasalah nantinya.

Stres

Kali ini, faktor yang bisa meningkatkan resiko penyakit jantung adalah stres. Ketika stres, seseorang bisa lebih rentan terserang penyakit jantung. Hal ini bisa terjadi karena bila stres berlangsung dalam jangka waktu yang lama, akan ada respon otonom dalam tubuh sehingga mempengaruhi detak jantung.

Usia

Usia juga mengambil peranan penting dalam peningkatan resiko terserang penyakit jantung. Semakin bertambahnya usia, organ tubuh pun mengalami degenerasi dan penurunan fungsi. Akibatnya, timbul berbagai macam penyakit yang tentu beresiko terhadap kesehatan Anda.