RUTIN MINUM KOPI BISA CEGAH GAGAL GINJAL? BENER NGGAK SIH?

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang berfungsi untuk menyaring darah. Oleh karena itu, ginjal harus dijaga dengan baik agar tubuh tidak bermasalah. Ketika fungsi ginjal menurun, ada berbagai penyakit yang dapat mengintai. Namun, yang sudah tentu akan menyerang adalah gagal ginjal kronis. Secara sederhana, ketika Anda mengidap gagal ginjal kronis, maka bisa dipastikan bahwa ginjal Anda mengalami kerusakan, entah karena kelainan jaringan atau komposisi darah dan urine yang tidak seimbang. Penanganan yang diperlukan adalah cuci darah atau jika lebih parah lagi, seseorang akan membutuhkan transplantasi ginjal.

Meskipun demikian, Anda tidak perlu khawatir karena gagal ginjal kronis sesungguhnya bisa dicegah. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah gagal ginjal adalah dengan mengonsumsi kopi. Seperti yang kita ketahui, ada banyak manfaat kopi yang sangat berguna bagi tubuh kita. Penelitian terbaru menemukan bahwa dengan meminum kopi, seseorang dapat menurunkan resiko kematian yang disebabkan oleh penyakit ginjal kronis. Penelitian ini diadakan oleh ilmuwan dari Centro Hospitalar Lisboa Norte di Portugal kepada 2300 orang dewasa di Amerika. Menurut Dr. Miguel Bigotte Vieira, salah satu peneliti yang terlibat, sesungguhnya kafein pada kopi tidak benar-benar menurunkan resiko kematian, namun menunjukkan kemungkinan adanya efek protektif.

Selain meminum kopi, ada juga beberapa cara yang bisa diterapkan untuk mencegah gagal ginjal kronis. Pertama, pola makan sehat harus dijaga agar dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah serta menjaga tekanan darah agar tetap normal. Selain itu, hindari merokok dan minum alkohol karena bisa memperburuk kondisi ginjal. Olahraga teratur juga harus dilakukan untuk menjaga tekanan darah. Jangan lupa untuk selalu membaca petunjuk obat-obatan yang diminum karena ada beberapa jenis obat yang memiliki efek samping berupa gangguan ginjal.


Source: Detik.com | Alodokter.com