5 PENYEBAB SARIAWAN YANG PERLU DIWASPADAI AGAR BISA MENCEGAHNYA

Walau tidak membahayakan nyawa penderita tapi adanya sariawan di mulut seringkali sangat mengganggu, apalagi jika Sobat Sehat ingin mengonsumsi makanan. Sebab, gesekan antara sariawan dengan makanan atau minuman bisa menimbulkan rasa nyeri. Nah, untuk menghindarinya, Sobat Sehat perlu tahu apa saja penyebab sariawan yang perlu diwaspadai.

Sariawan merupakan gangguan kesehatan yang sangat umum terjadi pada semua orang. Mungkin sebagian besar orang di dunia ini pernah mengalaminya karena sariawan memang sangat mudah terjadi. Keadaan ini tentu bisa mengganggu penderita sariawan dan membuat mereka malas untuk makan atau minum. Padahal kurang makan bisa menyebabkan seseorang kekurangan nutrisi.

Penyebab Sariawan yang Perlu Diwaspadai

Pada dasarnya, sariawan adalah luka kecil yang sering muncul dalam rongga mulut, tepatnya pada bagian bibir, pipi, gusi, atau lidah. Ada dua jenis sariawan, yaitu sariawan minor yang ukurannya cukup kecil, biasanya kurang dari 1 cm dengan tepiannya berwarna merah.

Kedua, sariawan mayor yang ukuran lukanya lebih besar daripada sariawan minor dan lebih cekung ke dalam. Ketiga, sariawan herpetiform, yang biasanya muncul dalam jumlah banyak antara 10-100 luka. Sariawan muncul bukan tanpa sebab, lho. Berikut adalah beberapa kondisi yang bisa menyebabkan sariawan di mulut:

Iritasi

Salah satu penyebab sariawan yang umum terjadi adalah iritasi dalam rongga mulut akibat pemakaian produk pasta gigi atau obat kumur yang salah. Umumnya, produk kesehatan mulut yang harus dihindari biasanya yang mengandung alkohol atau sodium sulphate. Sebab, kedua zat ini memiliki sifat iritatif yang dapat menimbulkan luka dan berakhir pada sariawan.

Luka

Selain iritasi, luka akibat beberapa kebiasaan penderita juga dapat menyebabkan munculnya sariawan dalam mulut. Banyak hal yang dapat menimbulkan luka, contohnya menggigit bibir, menggosok gigi yang terlalu keras, pemakaian kawat atau behel gigi, hingga penggunaan gigi palsu yang kurang tepat.

Oh iya, konsumsi makanan yang terlalu keras dan berbentuk tajam juga bisa menimbulkan luka yang tidak disengaja, lho. Jadi, hati-hati kalau ingin mengonsumsi makanan, ya.

Kekurangan Nutrisi

Penyebab sariawan yang selanjutnya adalah defisiensi nutrisi atau kekurangan gizi, khususnya mineral dan vitamin. Nah, kurangnya asupan nutrisi seperti zat besi, asam folat, zinc, vitamin C, dan vitamin B2 dapat membuat seseorang sariawan, lho.

Sebab, tanpa asupan nutrisi tersebut, sistem kekebalan Sobat Sehat bisa menurun sehingga mudah mengalami gangguan kesehatan. Untuk menghindarinya, Sobat Sehat dapat makan buah atau sayur yang kaya akan vitamin dan mineral. Selain itu, makan suplemen atau multivitamin tambahan di Apotek K-24 juga bisa membantu dalam memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, lho.

Infeksi

Serangan infeksi virus, bakteri, dan jamur juga bisa menjadi salah satu penyebab sariawan yang perlu diwaspadai, lho. Terdapat beberapa virus yang dapat menyebabkan sariawan, yaitu herpes simplex dan varicella-zoster. Tidak hanya itu saja, penyebab penyakit menular seksual gonore dan sifilis juga bisa menimbulkan sariawan di mulut.

Kanker Mulut

Nah, Sobat Sehat harus hati-hati kalau sariawan yang dialami tak kunjung sembuh walau sudah beberapa minggu berlalu. Sebab, di balik sariawan tersebut bisa saja diakibatkan karena penyakit kanker mulut. Orang yang mengalaminya umumnya akan merasakan sariawan putih dan kemerahan yang dibarengi dengan nyeri, kesulitan menelan, serta mati rasa di bibir.

Umumnya, sariawan bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu kurang lebih 2-4 minggu, tergantung seberapa parahnya dan apa penyebab sariawan. Namun, Sobat Sehat bisa mempercepat proses penyembuhannya dengan beberapa cara, di antaranya:

  • Banyak makan buah dan sayur.

  • Berkumur dengan air garam.

  • Kompres bagian sariawan dengan es batu.

  • Perbanyak minum air putih.

  • Berkumur dengan obat kumur.

  • Minum obat sariawan di lidah untuk orang dewasa yang ada di Apotek K-24.

Demikian ulasan tentang penyebab sariawan yang perlu diwaspadai dan dihindari agar tidak merasakan ketidaknyamanan saat makan atau minum. Yuk, jaga kesehatan mulut bersama Apotek K-24!