5 MANFAAT VITAMIN E, PENUHI AGAR KESEHATAN TUBUH DAN KULIT TERJAGA!

Setiap jenis vitamin yang ada pasti dibutuhkan tubuh manusia untuk menunjang kinerja organ-organ dalam. Bahkan, saking pentingnya keberadaan vitamin ini, tubuh manusia bisa mengalami gangguan kesehatan jika kekurangan. Nah, apabila vitamin B kompleks bagus untuk jaringan dan saraf, lalu vitamin C baik untuk sistem imun, lalu apa manfaat vitamin E bagi kesehatan tubuh?

Walau vitamin termasuk dalam kelompok makronutrien yang artinya dibutuhkan dalam jumlah sedikit, tapi kalau tidak dipenuhi Sobat Sehat bisa mengalami gangguan kesehatan. Oleh karena itu, jangan sampai menyepelekan vitamin, ya, khususnya vitamin E yang kadang keberadaannya masih kurang menjadi perhatian.

Manfaat Vitamin E untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

Pada umumnya, vitamin E menjadi nutrisi yang salah satu fungsinya adalah sebagai antioksidan sehingga dapat melindungi tubuh. Selain itu, vitamin E juga hanya bisa larut dalam lemak karena terdapat senyawa tokoferol yang bersifat fat soluble.

Vitamin E sangat terkenal akan fungsinya untuk kesehatan kulit di tengah-tengah masyarakat. Namun, Sobat Sehat harus tahu kalau vitamin E menawarkan banyak sekali manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Berikut ulasan lengkapnya:

Mencegah Kerusakan Jaringan dan Sel

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, vitamin E adalah senyawa antioksidan sehingga salah satu manfaat vitamin E adalah untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas sendiri sangat membahayakan karena bisa memicu penyakit kronis, seperti kanker dan penyakit jantung. Jadi, dengan vitamin E, Anda bisa mencegah kerusakan jaringan dan sel akibat radikal bebas sehari-hari.

Menjaga Keseimbangan Hormon dalam Tubuh

Vitamin E untuk apa selanjutnya? Salah satu fungsi vitamin E adalah bisa menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh sehingga sistem endokrin dan saraf pun bisa seimbang. Ini juga bisa mengurangi berbagai gejala gangguan kesehatan yang diakibatkan ketidakseimbangan hormon, misalnya berat badan naik, sakit perut saat menstruasi, infeksi saluran kemih, alergi, hingga kecemasan berlebih.

Menunjang Kehamilan dan Perkembangan Janin

Manfaat vitamin E yang selanjutnya adalah mampu untuk menunjang proses kehamilan Sobat Sehat yang perempuan. Selain vitamin B kompleks, ibu hamil juga membutuhkan vitamin E yang berperan untuk melindungi asam lemak kritis pada janin. Selain itu, vitamin E juga memiliki peran penting dalam perkembangan saraf dan otak janin dalam tahap awal.

Menurunkan Risiko Penyakit Alzheimer

Tidak hanya mengandung senyawa tokoferol, vitamin E juga memiliki kandungan senyawa tokotinerol. Menurut beberapa penelitian yang sudah pernah dilakukan, senyawa tersebut memiliki sifat antiinflamasi yang mampu untuk mencegah penyakit Alzheimer.

Sebab, vitamin E berperan langsung dalam mencegah penurunan fungsi otak sehingga dapat memperlambat kondisi kehilangan memori. Oleh karena itu, apabila kebutuhan vitamin E dan vitamin C selalu terpenuhi, ini bisa mengurangi risiko demensia.

Menjaga Kesehatan Kulit

Meningkatkan dan menjaga kesehatan kulit menjadi manfaat vitamin E yang banyak diketahui masyarakat. Pada umumnya, vitamin E berperan dalam melindungi kulit dari kerusakan. Namun, vitamin E untuk kulit ini tidak hanya sampai di situ saja, contohnya saja:

  • Dapat melembapkan kulit karena vitamin E bisa membentuk lapisan minyak pada permukaan kulit.

  • Mencegah munculnya keriput yang bisa muncul akibat paparan radikal bebas.

  • Mempercepat proses penyembuhan luka.

  • Menyamarkan flek hitam akibat produksi melanin kulit yang meningkat, apalagi setelah terkena paparan sinar matahari secara berlebihan.

Melihat berbagai manfaat vitamin E di atas, sepertinya memenuhi kebutuhan vitamin E sangatlah penting dan tidak boleh ditinggalkan. Oleh karena itu, Sobat Sehat perlu mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung vitamin E karena tubuh tidak bisa memproduksinya, seperti:

  • Biji bunga matahari

  • Sayur bayam

  • Kacang-kacangan

  • Tomat

  • Mangga

  • Alpukat

  • Paprika merah

Selain dengan makanan, Sobat Sehat juga bisa mendapatkan vitamin E dari suplemen atau multivitamin yang ada di Apotek K-24 terdekat. Tenang saja, hal ini sangat aman yak arena Apotek K-24 hanya menyediakan produk-produk yang sudah sesuai dengan standar Kemenkes RI dan BPOM. Yuk, dapatkan manfaat vitamin E bersama Apotek K-24!