PANTANGAN SETELAH MINUM OBAT DARAH TINGGI YANG PERLU DIHINDARI AGAR OBAT BEKERJA MAKSIMAL

Pantangan setelah minum obat darah tinggi sepertinya perlu diketahui Sobat Sehat yang sedang rutin mengonsumsinya. Sebab, konsumsi makanan atau minuman yang salah bisa saja mengganggu keefektifan obat darah tinggi sehingga tidak bisa mengurangi gejala penyakit. Oleh karena itu, apa saja yang perlu Sobat Sehat hindari ketika rutin mengonsumsi obat darah tinggi?

Obat darah tinggi biasanya diminum ketika penderita sudah memiliki tekanan darah yang sangat tinggi dan sulit untuk menurunkannya. Selain itu, terdapat beberapa jenis obat darah tinggi yang perlu disesuaikan dengan kondisi penderita hipertensi. Nah, agar obat bisa bekerja dengan optimal, tentu saja Sobat Sehat perlu mengimbanginya dengan pola hidup sehat dan menghindari yang bisa mengganggu.

Pantangan setelah Minum Obat Darah Tinggi

Pada umumnya, pantangan bagi penderita darah tinggi adalah makanan atau minuman yang bisa menyebabkan naiknya tensi darah. Contohnya saja seperti daging merah, gorengan, kulit ayam, makanan yang tinggi garam, kafein, dan lain sebagainya.

Namun, selain makanan-makanan tersebut, Sobat Sehat juga perlu menjauhi gaya hidup tidak sehat agar obat yang diminum tetap terjaga efektivitasnya. Berikut adalah beberapa pantangan bagi penderita hipertensi ketika sedang minum obat darah tinggi:

Minum Alkohol

Pantangan setelah minum obat darah tinggi yang pertama adalah minum minuman beralkohol. Ini karena minuman beralkohol memberikan banyak dampak negatif, seperti pendarahan internal dan memunculkan gangguan pada organ jantung, paru-paru, serta liver. Tidak hanya itu, minuman beralkohol juga meningkatkan cairan dalam tubuh sehingga dosis dalam obat hipertensi akan menurun.

Merokok

Seperti yang Sobat Sehat tahu, dalam keadaan sehat saja merokok merupakan aktivitas yang sangat merugikan kesehatan tubuh. Apalagi kalau merokok dilakukan ketika Sobat Sehat sedang minum obat darah tinggi.

Aktivitas merokok justru bisa menurunkan efek dari berbagai jenis obat darah tinggi. Bahkan, sebuah penelitian membuktikan kalau banyak perokok yang lebih sulit untuk mengontrol tensi darah walau sudah minum obat secara rutin. Oleh karena itu, jika Sobat Sehat sedang minum obat hipertensi, sebaiknya hindari asap rokok dan kegiatannya.

Minum Jus Jeruk

Minuman jus buah memang menyehatkan tapi minuman ini ternyata masuk dalam pantangan setelah minum obat darah tinggi. Jus jeruk harus dijauhi para penderita hipertensi karena dapat meningkatkan kadar obat dalam darah. Kondisi ini nantinya dapat menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan, lho. Jadi, hati-hati dalam memilih jenis buah yang dikonsumsi, ya.

Konsumsi Licorice

Tanaman herbal seperti licorice umumnya bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh. Sayangnya, licorice justru dapat memberikan dampak negatif ketika dikonsumsi bersamaan dengan obat darah tinggi. Sebab, tanaman licorice ini dapat memperparah efek samping dari obat darah tinggi dan juga meningkatkan risiko penumpukan kalium dalam tubuh.

Minum Jenis Obat Tertentu

Pantangan setelah minum obat darah tinggi yang selanjutnya adalah minum obat-obatan tertentu yang bisa menyebabkan interaksi obat. Nah, menurut beberapa laman kesehatan ada beberapa obat yang perlu dihindari penderita hipertensi, yaitu dekongestan, cordarone, dan bronchodilator.

Selain mengurangi efektivitas obat darah tinggi, jenis obat tersebut juga bisa menimbulkan efek samping tambahan. Nah, untuk lebih jelasnya, Sobat Sehat bisa menanyakan interaksi obat ini dengan dokter atau apoteker di Apotek K-24 terdekat, ya.

Sebab, menghindari pantangan setelah minum obat darah tinggi sangat penting agar keefektivitasan obat tidak menurun. Namun, pantangan tersebut sebenarnya bisa berbeda-beda, lho tergantung jenis obat itu sendiri. Jadi, sebelum mengonsumsinya, Sobat Sehat perlu berkonsultasi dengan dokter atau apoteker di Apotek K-24 terlebih dahulu, ya.