INI TANDA MENTAL KAMU LELAH, JANGAN DIABAIKAN!

Kondisi mental sering diabaikan karena sakitnya terkadang tidak kasat mata. Akibatnya, banyak kasus bunuh diri yang dilakukan oleh remaja karena kondisi mental yang tidak sehat. Lalu, apa saja sih pertanda mental kita mulai lelah?

Sebenarnya saat mental mulai lelah, ada gejala ataupun pertanda yang bisa dijadikan patokan. Apa saja ya tanda-tandanya?

Pertama, mudah marah. Mental yang lelah akan membuat suasana hati menjadi buruk. Oleh karena itu, Anda akan menjadi mudah marah dan membentak org lain.

Kedua, merasa sulit konsentrasi. Produktivitas kerja menjadi menurun karena Anda mudah terdistraksi.

Selanjutnya, insomnia atau kesulitan tidur. Meskipun tubuh terasa lelah, mental yang lelah tidak bisa membuat Anda tidur dengan mudah. Pikiran Anda akan terjaga dan cenderung memikirkan hal hal yang membuat Anda terganggu.

Tak hanya itu, Anda cenderung tidak cepat tanggap dan bereaksi di situasi tertentu. Saat diajak mengobrol, Anda cenderung melamun dan tidak merespon lawan bicara. Bahkan, bagi sebagian orang, ketika mental sudah lelah, mereka cenderung mati rasa dan tidak memiliki empati pada orang lain.

 Pertanda lainnya adalah rasa cemas yang tidak kunjung hilang, stress berkepanjangan, kehilangan motivasi dan terus merasa kelelahan. Bila Anda merasakan beberapa gejala tersebut, sebaiknya segera temui psikolog untuk mendapatkan pertolongan yang tepat.