MEREBUS BOTOL SUSU UNTUK STERILISASI BAHAYA GAK SIH?

Peralatan makan dan minum bayi harus selalu dijaga dalam keadaan bersih dan steril karena imunitas si kecil belum sekuat orang dewasa. Sehingga mereka dapat dengan mudah terkena virus atau bakteri melalui kontak langsung dari suatu benda, salah satunya adalah botol susu yang merupakan salah satu benda yang sering digunakan oleh si kecil. 

Salah satu cara yang kerap digunakan untuk mensterilkan peralatan makan dan minum seperti botol susu adalah dengan merebusnya. Biasanya para orang tua mensterilkan botol setelah dicuci kemudian merebusnya di atas kompor hingga air mendidih. Tapi sebenarnya bahaya nggak sih?

Jika Sobat Sehat masih mensterilkan botol atau peralatan si kecil lainnya dengan cara merebusnya, sebaiknya segera tinggalkan cara ini ya. Rupanya kebiasaan ini berbahaya bagi si Kecil. 

Proses sterilisasi dengan metode rebus rupanya berbahaya bagi si kecil. Sebab, bahan pembuatan botol susu yaitu Plastik Polycarbonate bisa melepaskan senyawa kimia yang bernama Bisphenol-A atau BPA. BPA ini bisa berdampak negatif pada kesehatan si kecil karena dapat mempengaruhi sistem saraf, reproduksi, imunitas, dan penyakit berbahaya lainnya termasuk kanker.

Tak hanya itu, proses merebus juga bisa melelehkan botol susu dan merubah warnanya menjadi agak kekuningan yang artinya botol susu tersebut tidak bisa lagi digunakan.

Lalu bagaimana sebaiknya kita mensterilisasi botol dan peralatan makan si kecil?

  • Mengocok botol dengan air panas
  • Saat berpergian, gunakan sterilising tablet
  • Menguapkan dengan sterilizer elektrik
  • Gunakan sterilizer box

Metode mana nih yang biasa Sobat Sehat lakukan?

Sobat Sehat susah cari susu di malam hari? Tinggal ke Apotek K-24 aja! Tersedia berbagai jenis susu untuk anak hingga dewasa sesuai kebutuhan Anda. Lengkap 24 jam!


 

Source: Dikutip dari berbagai sumber