VITAMIN B COMPLEX UNTUK APA? INI DIA BERBAGAI MANFAATNYA UNTUK TUBUH!

Setiap orang pasti membutuhkan vitamin B complex agar fungsi tubuh bisa bekerja dengan baik setiap hari. Sayangnya, masih banyak orang yang tidak terlalu mempedulikan dengan asupan makanan yang dikonsumsi setiap hari sehingga mereka kadang kekurangan akan vitamin B complex ini. Jika sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, sebenarnya vitamin B complex untuk apa?

Setiap hari tubuh manusia membutuhkan asupan nutrisi agar bisa melakukan aktivitas, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, mineral, dan semua jenis vitamin. Nah, salah satu jenis vitamin yang berperan penting dalam menjaga kesehatan dan fungsi organ-organ dalam adalah vitamin B complex. Keberadaan vitamin B ini tidak boleh disepelekan, lho.

Vitamin B Complex untuk Apa?

Vitamin B complex adalah kombinasi dari delapan ragam vitamin B yang biasanya bisa larut dalam air. Pada dasarnya, vitamin B dan kombinasi di dalamnya ini memiliki peran penting dalam proses metabolisme tubuh.

Oh iya, Sobat Sehat harus tahu kalau vitamin B complex terdiri dari beberapa vitamin, seperti vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niacin), vitamin B5 (asam pantotenat), vitamin B6 (pyridoxine), vitamin B7 (biotin), vitamin B9 (folat), dan vitamin B12 (cobalamin).

Lalu keberadaan vitamin B complex untuk apa? Berikut penjelasan singkatnya:

Meningkatkan Kesehatan Otak

Sudah banyak studi yang membuktikan kalau vitamin B bisa mendukung kesehatan dan fungsi otak. Menurut sebuah jurnal, vitamin B6, vitamin B9, dan vitamin B12 secara khusus berperan penting dalam metabolisme homocysteine. Nah, metabolisme tersebut ternyata membantu untuk mengurangi risiko penurunan fungsi kognitif otak dan demensia.

Bermanfaat untuk Ibu Hamil

Manfaat vitamin B complex yang selanjutnya adalah berguna bagi kelompok ibu hamil dan juga ibu menyusui. Sebab, jenis vitamin B complex ini bisa membantu dalam proses perkembangan otak janin dan mengurangi risiko cacat lahir. Tidak hanya itu saja, vitamin B complex juga berguna untuk mengelola tingkat energi, menurunkan risiko preeklampsia, dan meredakan mual saat kehamilan.

Membantu Pembentukan Sel Darah Merah

Vitamin B complex untuk apa? Secara khusus, vitamin B12 berperan aktif dalam proses pembentukan sel darah merah. Jadi, apabila Sobat Sehat kekurangan sel darah merah, ini bisa menjadi tanda kalau Sobat Sehat juga kekurangan vitamin B12.

Padahal, ketika sel darah merah tercukupi, maka tubuh akan mendapatkan pasokan oksigen yang cukup sehingga akan terhindar dari gangguan kesehatan. Selain vitamin B12, vitamin B2 dan vitamin B9 juga dibutuhkan dalam produksi sel darah merah.

Meningkatkan Kesehatan Saraf

Riboflavin atau vitamin B2 bisa membantu dalam menjaga kesehatan mata, kulit, dan sistem saraf. Selain itu, vitamin ini juga berperan penting untuk konversi makanan menjadi energi dan membentuk enzim yang diperlukan tubuh.

Meningkatkan Kadar Testosteron

Memperkuat hormon testosterone pada pria menjadi jawaban dari pertanyaan vitamin B complex untuk apa selanjutnya. Seiring bertambahnya usia laki-laki, maka kadar testosterone juga akan menurun. Oh iya, vitamin B complex juga membantu dalam pengaturan hormon dalam tubuh. Artinya, vitamin B complex tidak hanya berfungsi bagi laki-laki saja, tapi juga hormon wanita.

Melihat peran penting vitamin B complex bagi kesehatan tubuh agaknya Sobat Sehat perlu memenuhi kebutuhannya setiap hari. Sobat Sehat bisa mengonsumsi sayur dan buah atau multivitamin yang ada di Apotek K-24 untuk memenuhi asupan vitamin B complex.

Jangan sampai kekurangan vitamin B complex, ya karena bisa berakibat fatal untuk kesehatan tubuh. Demikian ulasan tentang vitamin B complex untuk apa, semoga bermanfaat. Yuk, penuhi kebutuhan vitamin bersama Apotek K-24!