BAGAIMANA MEMILIH SABUN MUKA UNTUK JERAWAT YANG TEPAT?

Sebagian besar orang pasti pernah mengalami masalah kulit berjerawat. Penyebab kulit berjerawat sendiri beragam, salah satunya adalah tidak cocoknya produk sabun muka yang digunakan. Padahal, dengan menggunakan sabun muka untuk jerawat yang cocok, maka masalah bisa hilang dengan sendirinya. Namun, kira-kira bagaimana cara memilih sabun muka yang cocok?

Permasalahan jerawat yang tergolong ringan biasanya hanya perlu perawatan kulit wajah sehari-hari untuk mengatasinya. Nah, hal yang sangat dasar dalam perawatan kulit ini tentu saja membersihkan wajah dengan sabun muka yang cocok dengan kondisi kulit. Sebab, membersihkan wajah adalah langkah awal yang sangat tidak boleh untuk ditinggalkan.

Cara Memilih Sabun Muka untuk Jerawat

Penggunaan sabun muka dinilai penting karena minyak wajah, sel kulit mati, kotoran, dan residu make up tidak bisa dibersihkan hanya dengan air mengalir saja. Jika tidak dibersihkan dengan baik, pori-pori kulit bisa tersumbat hingga muncul komedo dan membuat jerawat meradang.

Pemakaian sabun cuci muka ini untuk memastikan agar kulit benar-benar bersih dari minyak berlebih, kotoran, dan sisa make up. Selain itu, rutin mencuci muka bisa membantu dalam membasmi bakteri penyebab jerawat, lho. Jadi, jangan sampai salah memilih sabun muka untuk jerawat, ya, ini caranya:

Pilih Sabun yang Sesuai dengan Jenis Kulit

Setiap orang pasti memiliki jenis kulit yang berbeda-beda, baik kering, berminyak, atau kombinasi. Oleh karena itu, Sobat Sehat perlu tahu jenis kulit wajahnya agar bisa memilih produk sabun yang sesuai dengan kondisi kulit. Sebab, beda jenis kulit, maka beda bahan-bahan pada sabun yang diperlukan.

Cari Sabun Muka Tanpa Scrub

Ketika memilih sabun muka, pastikan untuk memilih sabun yang tidak memiliki butiran scrub yang berukuran kecil. Ini karena gesekan scrub pada sabun dengan jerawat yang meradang bisa memunculkan iritasi kulit yang bisa membuat jerawat semakin parah. Jadi, khusus untuk kulit berjerawat, Sobat Sehat disarankan untuk memilih sabun yang lembut di kulit, misalnya gel.

Perhatikan Kandungan Sabun Muka

Cara memilih sabun muka untuk jerawat yang baik selanjutnya adalah dengan memperhatikan kandungan yang ada di dalamnya. Ada beberapa kandungan yang biasanya harus ada dalam sabun untuk jerawat, misalnya salicylic acid (BHA), glycolic acid (AHA), niacinamide, atau benzoyl peroxide.

Oh iya, Sobat Sehat juga sebaiknya menghindari formula comedogenic dalam sabun, seperti minyak kelapa, petroleum jelly, dan mineral oil.

Pilih Sabun yang Bisa Melembapkan Kulit

Selain membersihkan, Sobat Sehat juga perlu mencari sabun muka yang bisa melembapkan kulit. Sebab, kulit yang lembap bisa membuat minyak di wajah menjadi lebih terkontrol dan menjaga skin barrier. Ketika skin barrier kuat, maka kulit tidak akan mudah mengalami masalah seperti jerawat.

Cari Sabun dengan Level pH yang Cocok

Memilih sabun muka untuk jerawat ini harus yang cocok. Nah, khusus untuk kulit berjerawat, sebaiknya cari sabun yang level pH-nya sedikit asam, yaitu 5,4-6 untuk perempuan dan 5,5 untuk laki-laki. Sobat Sehat bisa menggunakan kertas lakmus untuk mengukur pH dalam sabun muka.

Melihat penjelasan di atas, memilih sabun muka agaknya cukup sulit, ya, karena banyak sekali produk sabun muka yang dijual di pasaran. Bahkan, saking banyaknya mungkin Sobat Sehat perlu melakukan trial and error agar sabun yang digunakan benar-benar cocok dengan kulit.

Selain menggunakan sabun muka untuk jerawat, Sobat Sehat juga bisa menemaninya dengan obat jerawat paling ampuh di Apotek K-24. Apalagi jika jerawat yang diderita ini sangat membandel dan tidak sembuh-sembuh ketika hanya menggunakan sabun muka saja. Obat jerawat sendiri sudah didesain secara khusus untuk melawan jerawat sehingga kulit bisa bebas dari jerawat.

Untuk membeli obat jerawat pastikan Sobat Sehat mendatangi toko yang resmi, ya, seperti Apotek K-24 untuk menjamin keaslian dan keamanannya. Yuk, jaga kesehatan kulit wajah bersama Apotek K-24!