TIPS MENURUNKAN ASAM URAT TANPA OBAT, WAJIB DICATAT!

Asam urat yang tinggi seringkali menimbulkan gejala yang mengganggu, seperti rasa nyeri yang tak tertahankan. 

Mengkonsumsi obat merupakan salah satu cara untuk menurunkan kadar asam urat. Selain dengan obat, ada beberapa cara yang bisa Sobat Sehat lakukan untuk menurunkan asam urat.

Hindari makanan yang mengandung purin tinggi

Makanan yang memiliki kadar purin tinggi bisa meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Jenis makanan tinggi purin yang sebaiknya Anda hindari misalnya seperti jeroan, daging merah, seafood, melinjo (emping), produk susu, kol, serta kacang-kacangan

Pertahankan berat badan ideal

Kelebihan berat badan dapat menyebabkan risiko lebih tinggi terhadap peningkatan kadar asam urat dalam darah

Hindari alkohol & minuman manis

Alkohol & minuman manis memiliki kadar purin yang tinggi & harus dihindari penderita asam urat. Selain itu, minuman tersebut juga bisa menaikkan berat badan karena memiliki kalori yang tinggi.

Konsumsi suplemen Vitamin C

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Arthritis Care tahun 2011 menunjukkan jika konsumsi suplemen vitamin C bisa membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah. Sebab, vitamin C bersifat urikosurik atau bisa membantu membuang asam urat dari dalam tubuh melalui urin.

Hindari obat-obatan yang meningkatkan kadar asam urat 

Obat-obatan tertentu bisa meningkatkan kadar asam urat. Sebaiknya, konsultasikan dengan dokter atau apoteker untuk mendapatkan rekomendasi obat yang tepat. 


Berbagai obat untuk asam urat bisa didapatkan di Apotek K-24. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan apoteker kami untuk mendapatkan rekomendasi obat yang tepat yaa.

 

Source: Dikutip dari berbagai sumber