HAH? SAKIT MATA MERAH & BELEKAN BISA MENULAR DARI TATAPAN? MITOS ATAU FAKTA?

 Mata merah dan sakit mata umumnya merupakan tanda dari konjungtivitis. Kondisi ini terjadi akibat adanya peradangan ataupun infeksi pada membran transparan (konjungtiva) yang melapisi kelopak mata dan menutupi bagian putih bola mata. 

Infeksi mata ini dapat disebabkan oleh berbagai hal. Misalnya seperti virus, bakteri, alergi, hingga masuknya zat asing ke mata. Meski begitu, bukan berarti Anda harus menjauhi penderita sakit mata. Sebab, sakit mata merah tidak menular langsung dari kontak mata atau tatapan mata dengan penderita, melainkan dari kebersihan yang kurang terjaga.  

Lalu, bagaimana ya caranya agar tidak tertular penyakit mata ini? Yuk simak tips berikut!

Jaga kebersihan tangan

Saat sedang merawat pasien konjungtivitis atau sakit mata menular lainnya, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan tangan. Segera cuci tangan setelah membantu menerapkan segala jenis obat di mata. Misalnya seperti obat tetes, antibiotik topikal, atau kompres mata.

Jaga kebersihan mata

Mata merah seringkali menyebabkan keluarnya cairan lendir di mata yang dapat mengeras di malam hari saat tidur. Hal ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan saat bangun di pagi hari. Karenanya, segera bersihkan kotoran untuk menghindari ketidaknyamanan. 

Jangan berbagi barang dengan pasien sakit mata

Hindari penggunaan riasan mata atau wajah beserta aplikator yang pernah digunakan oleh orang dengan sakit mata. Selain itu, jangan berbagi kacamata, lensa kontak, ataupun wadah lensa. 

Jangan menyentuh mata setelah kontak dengan pasien

Jangan menyentuh mata saat sedang merawat atau kontak dengan pasien sakit mata, sebab Anda bisa tertular bakteri dan virus penyebab sakit mata. Pastikan untuk mencuci tangan dengan sabun sebelum Anda menyentuh mata.

Disinfeksi permukaan benda

Orang yang terinfeksi mata dapat memindahkan kuman dari tangan mereka. Karenanya, bersihkan permukaan benda yang baru saja mereka sentuh dengan tisu berbasis alkohol atau cairan disinfektan.

Jangan berenang bersama orang dengan sakit mata menular

Kolam renang dapat menyebabkan risiko serius untuk penyebaran mata merah. Saat sedang terjadi wabah sakit mata menular, hindari berenang di tempat umum untuk menghindari penularan.

 

Jaga selalu kesehatan mata Anda ya Sobat Sehat! Berbagai produk untuk menjaga kesehatan mata tersedia di Apotek K-24 & K24Klik. Lengkap 24 jam!


Source: dikutip dari berbagai sumber