INI YANG TERJADI JIKA TUBUH KEKURANGAN VITAMIN D! RAMBUT RONTOK TERMASUK?

Beberapa waktu lalu sempat ada unggahan video TikTok yang viral menyebutkan jika kerontokan rambut bisa teratasi dengan mengkonsumsi vitamin D.

Pemilik akun yang mengunggah video tersebut mengatakan jika penyebab kerontokan rambut yang ia alami adalah karena defisiensi vitamin D atau kekurangan vitamin D. 

Apakah benar kekurangan vitamin D bisa menyebabkan kerontokan rambut?

Vitamin D merupakan nutrisi penting bagi kesehatan tubuh. Tak hanya berperan penting untuk menjaga dan membagun kekuatan tulang, vitamin D juga berperan penting untuk kesehatan rambut. 

Kekurangan vitamin D atau defisiensi vitamin D bisa menyebabkan banyak masalah, termasuk kerontokan rambut. Defisiensi vitamin D bisa menyebabkan kerontokan rambut berupa telogen effluvium, alopecia areata karena dampak autoimun, dan female pattern hair loss. 

Hal ini terjadi karena vitamin D menstimulasi pertumbuhan folikel rambut atau tunas rambut. Jika folikel rambut tidak sehat maka rambut akan mudah rontok. 

Tak hanya menyebabkan kerontokan, kekurangan vitamin D juga mengakibatkan gangguan kesehatan lainnya seperti perubahan suasana hati termasuk depresi serta kecemasan, penyembuhan luka yang lambat, lemah otot, tekanan darah tinggi, kelelahan, penurunan daya tahan tubuh, sakit kronis, hingga gangguan kesuburan.

Kadar vitamin D dalam tubuh bisa diketahui dengan melakukan pengecekan darah di laboratorium. Menurut Kementerian Kesehatan Indonesia, kebutuhan vitamin D orang dewasa sebanyak 15 mcg atau sekitar 600 IU per hari. 

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Anda bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin D seperti telur, alpukat, kacang-kacangan, keju, dan susu. Selain itu Anda juga bisa berjemur di bawah sinar matahari untuk mengaktifkan vitamin D di dalam tubuh.

Berbagai produk vitamin yang Anda butuhkan bisa didapatkan di Apotek K-24. Konsultasikan dengan dokter agar bisa direkomendasikan suplemen untuk memenuhi kebutuhan vitamin D harian Anda sesuai dengan kebutuhan.



Source: Dikutip dari berbagai sumber