JANGAN PANIK! TIPS AGAR TUBUH TETAP BUGAR SAAT CUACA TAK MENENTU

Cuaca yang sedang tidak menentu rupanya menyimpan sejumlah ancaman bagi kesehatan. Saat musim hujan, genangan air yang menumpuk bisa menjadi sarang nyamuk. Tak hanya itu, kondisi yang lembap juga bisa membuat kuman lebih mudah berkembangbiak. 

Maka tak heran jika kondisi seperti ini bisa menyebabkan beberapa penyakit mudah menjangkit. Apalagi jika terjadi banjir. Kondisi ini bisa mengundang berbagai penyakit. Misalnya seperti demam tifoid, kolera, leptospirosis, malaria, hingga DBD. Nah biar nggak jadi korban cuaca, yuk jaga kondisi tubuh agar tetap prima! Apa aja sih yang harus dilakukan? Simak tipsnya ya!

  1. Jaga Pola Makan

Pastikan untuk selalu mengkonsumsi makanan bergizi seimbang ya Sobat Sehat. Makanan yang bernutrisi bisa membantu tubuh tetap sehat meskipun cuaca sedang tidak menentu. Pastikan kebutuhan serat dan vitamin selalu tercukupi!

  1. Rutin Olahraga

Hujan memang bikin mager alias males gerak, tapi ternyata rajin olahraga saat musim hujan bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik lho. Melakukan aktivitas fisik bisa meningkatkan produksi hormon endorfin sehingga suasana hati bisa menjadi lebih positif. Nggak ada lagi tuh yang namanya galau saat hujan.

  1. Tidur Cukup

Tidur berguna untuk memulihkan seluruh sistem anggota tubuh setelah Sobat Sehat bekerja seharian. Hal ini tentunya penting agar tubuh bisa lebih kebal dengan virus maupun bakteri. Jadi, ingat pesan dari Bang Haji Rhoma ya, jangan begadang kalau nggak ada artinya!

  1. Rajin Membersihkan Tangan

Seperti yang sudah dibilang di awal tadi, bakteri dan virus bisa menjadi lebih tak terkendali saat musim hujan. Bakteri dan virus penyebab penyakit bisa masuk ke dalam tubuh melalui berbagai cara, salah satunya adalah melalui tangan yang mungkin tanpa Anda sadari baru saja menyentuh gagang pintu yang telah terinfeksi. Jadi selalu bersihkan tangan ya Sobat Sehat! Cuci tangan dengan sabun atau gunakan hand sanitizer.

  1. Pakai Pakaian Hangat

Musim hujan bisa membuat tubuh mudah kedinginan, apalagi saat Anda kehujanan di luar. Karenanya, pastikan untuk menggunakan jaket, sweater, atau pakaian panjang untuk mencegah tubuh menggigil kedinginan. 


Berbagai produk dan kebutuhan kesehatan yang Anda butuhkan bisa didapatkan di Apotek K-24 dan K24Klik. Jadi, jangan panik lagi ya jika kondisi tubuh sedang tidak fit apalagi saat cuaca sedang tidak menentu seperti saat ini.

 

Source: Dikutip dari berbagai sumber