SUPLEMEN KESEHATAN DAN OBAT, SAMA ATAU BEDA?

Banyak yang mengira sama, tapi ternyata beda lho. Meskipun suplemen kesehatan dan obat memiliki manfaat untuk kebutuhan terapi penyakit, ternyata keduanya memiliki fungsi yang berbeda. 

Suplemen kesehatan merupakan produk untuk melengkapi kebutuhan gizi, memelihara, meningkatkan atau memperbaiki fungsi kesehatan, mengandung satu atau lebih bahan vitamin, mineral, asam amino dan atau bahan lain bukan tumbuhan yang dapat dikombinasi dengan tumbuhan.

Suplemen tidak bisa digunakan secara sembarangan. Suplemen tidak bisa digunakan untuk mengobati atau menggantikan obat yang digunakan untuk menyembuhkan penyakit. Meskipun suplemen bisa untuk memenuhi atau melengkapi kebutuhan gizi untuk membantu tubuh pulih dari penyakit tertentu, rupanya suplemen tidak untuk menggantikan makanan sehari-hari.

Sementara itu, obat adalah bahan atau campuran bahan yang digunakan untuk mempengaruhi sistem fisiologi atau keadaan patologi dalam rangka pencegahan, penyembuhan, pemulihan, peningkatan kesehatan, dan kontrasepsi.

Cara mengkonsumsi obat atau suplemen bisa berbeda-beda tergantung dengan jenis obat atau suplemen yang akan dikonsumsi. Beberapa jenis obat harus diminum setelah makan, akan tetapi ada pula yang bisa dikonsumsi sebelum makan, bahkan ada juga yang tidak terpengaruh dengan waktu makan.

Beberapa obat ada yang tak boleh dimakan bersama dengan makanan atau minuman tertentu. Misalnya seperti susu, jus, dan lain sebagainya. Namun ada pula obat yang tak terpengaruh oleh makanan ataupun minuman tertentu. 

Hal ini rupanya juga berlaku untuk suplemen. Cara minum obat dan suplemen ini dipengaruhi oleh farmakodinamik dan farmakokinetik dari masing-masing obat dan suplemen. Karenanya, Anda perlu mengetahui secara spesifik nama obat dan suplemen untuk mengetahui cara mengkonsumsinya. 

Jadi bisa disimpulkan jika obat merupakan substansi yang bertujuan untuk menyembuhkan ataupun menghilangkan gejala dari suatu penyakit, sementara suplemen diberikan sebagai pelengkap atau tambahan nutrisi dan bukan ditujukan untuk pengobatan penyakit tertentu.

Berbagai produk kesehatan yang Anda butuhkan bisa didapatkan di Apotek K-24 atau bisa juga pesan secara online melalui aplikasi K24Klik. Konsultasikan dengan apoteker Apotek K-24 untuk memilih produk kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

Source: BPOM