VIRUS CORONA B117 SUDAH MASUK DI INDONESIA, APA SAJA GEJALANYA?

Dua kasus varian baru Corona B117 resmi ditemukan di Indonesia. Informasi ini disampaikan langsung oleh Wakil Menteri Kesehatan dr. Dante Saksono bertepatan dengan setahun adanya pandemi Corona di Indonesia. 

Menurut WHO, Virus Corona Inggris B117 ini sebelumnya telah menyebar di setidaknya 60 negara. Jika dibandingkan dengan virus SARS-CoV-2, Virus Corona B117 yang juga merebak di Singapura dan India ini diyakini 70% lebih menular.

Meski begitu, gejala Covid-19 yang dilaporkan beberapa pasien yang terkena varian Corona B117 ini berbeda dengan biasanya. Lalu seperti apa gejala varian Corona B117 ini?

Lelah dan Merasa Lesu

Para ahli di Inggris menemukan jika pasien Corona baru-baru ini umumnya mengalami gejala Covid-19 kelelahan di awal terpapar. Kelelahan akibat infeksi Covid-19 varian baru ini juga disertai dengan rasa pusing. 

Hal ini terjadi akibat adanya sitokin dalam sistem kekebalan tubuh, yaitu respons dari reaksi infeksi yang menyerang tubuh. Sehingga membuat tubuh merasa kelelahan terus menerus. 

Mual dan Pusing

Gejala Covid-19 seperti pusing hingga mual pun juga ditemukan pada pasien Corona Inggris. Hal ini membuat gejala jadi sulit dibedakan dengan penyakit lainnya karena juga bisa dipicu oleh kondisi lain.

Meski begitu, satu-satunya cara yang bisa dilakukan saat muncul gejala Covid-19 seperti mual hingga pusing saat masa awal terpapar adalah istirahat dengan cukup serta mengatur pola makan.

Nyeri Otot

Varian baru Corona B117 ini juga membuat penderitanya mengalami nyeri otot. Jumlah kasus yang mengalami gejala Covid-19 berupa nyeri otot ini juga meningkat dua kali lipat di Inggris. 

Nyeri otot juga bisa terjadi karena myalgia, yakni kondisi saat virus menyerang serat otot dan lapisan jaringan penting. Tak hanya itu, adanya peradangan secara luas juga bisa menyebabkan nyeri sendi, rasa lemah, dan nyeri tubuh selama terpapar. 

Dilansir dari Express UK, ada gejala Covid-19 lainnyayang juga ditemukan oleh Layanan Kesehatan di Inggris, yaitu:

  1. Radang tenggorokan

  2. Diare

  3. Sakit kepala

  4. Mata merah

  5. Perubahan warna pada jari tangan dan kaki

  6. Ruam kulit

Jika mengalami gejala ini, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter. 


Source:

Dikutip dari berbagai sumber