GIRLS, MAKANAN INI WAJIB DIHINDARI UNTUK CEGAH PCOS!

Beberapa waktu lalu di media sosial sempat viral dengan adanya seorang netizen yang mengeluh tidak menstruasi selama 10 bulan akibat PCOS. Sindrom ovarium polikistik atau PCOS ini merupakan salah satu gangguan hormon pada perempuan yang umum dijumpai.

PCOS bisa dicegah dengan menghindari sejumlah makanan yang bisa memicu penyakit ini. Karenanya, wanita dengan PCOS mesti menghindari sejumlah makanan yang berpotensi membuat PCOS tak terkontrol. 

PCOS dapat menyebabkan para penderitanya tidak mengalami menstruasi, menstruasi tidak teratur, juga munculnya rasa sakit saat menstruasi. Perempuan yang mengidap PCOS memiliki banyak kista di ovarium yang disebabkan oleh produksi hormon yang berlebihan. Penyakit ini juga kerap dikaitkan dengan obesitas dan kadar insulin yang tinggi dalam tubuh. 

Berikut merupakan beberapa makanan yang harus Anda hindari, simak selengkapnya!

Karbohidrat Olahan

Hindari karbohidrat olahan ya Sobat Sehat! Makanan yang telah banyak diproses ini bisa menyebabkan peradangan dan resistensi insulin. Jenis makanan yang merupakan karbohidrat olahan misalnya seperti roti putih, makanan yang terbuat dari tepung, juga makanan penutup yang manis.

Makanan dan Minuman yang Mengandung Gula

Menurut Healthline, konsumsi gula pada makanan dan minuman dapat berisiko mempengaruhi insulin dan memperburuk PCOS. Karenanya, sebaiknya Anda menghindari makanan dan minuman manis yang mengandung gula tambahan seperti sukrosa, sirup jagung fruktosa, juga dekstrosa.

Gorengan dan Makanan Berlemak

Makanan yang dimasak dengan cara digoreng memiliki sifat inflamasi yang tinggi sehingga bisa memicu PCOS dan menghambat menstruasi. Karenanya, hindari makan gorengan ya Sobat Sehat! 

Tak hanya itu hindari juga makanan yang berlemak seperti margarin dan daging berlemak. Menurut Medical News Today, hampir 50 persen perempuan dengan PCOS mengalami obesitas yang kerap dikaitkan dengan penumpukan lemak. 

Makanan Olahan

Makanan olahan dikenal memiliki sifat inflamasi. Selain itu makanan ini juga mengandung kalori yang tinggi dan berisiko mempengaruhi insulin. Makanan olahan ini misalnya saja seperti makanan cepat saji, hot dog, dan juga sosis. Karenanya, hindari jenis makanan ini untuk mencegah PCOS ya Sobat Sehat!


Selalu konsumsi makanan yang bernutrisi dan memiliki gizi seimbang. Selain itu, Anda bisa mengimbanginya dengan melakukan pola hidup sehat seperti rajin berolahraga, menghindari stress, tidur teratur, dan hindari rokok juga alkohol agar tubuh bisa terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan.



Source:

Dikutip dari berbagai sumber