WASPADA! INI GEJALA STROKE YANG SERING TIDAK DISADARI

Umumnya gejala stroke ditandai dengan tubuh yang lumpuh dan anggota gerak yang mulai melemah. Namun ternyata, ada gejala stroke lainnya yang sering tidak disadari, misalnya seperti sulit bicara dan lupa.

Dilansir dari CNN Indonesia, dokter spesialis saraf RSPON Asnelia Devicaesaria menjelaskan jika gejala stroke ini bisa terjadi secara tiba-tiba. Kesulitan berbicara ditandai dengan munculnya gangguan berupa sulit mengucap kata-kata, salah atau terbalik mengucap kata-kata tanpa makna juga tidak bisa memahami kata yang diucapkan orang lain.

Tak hanya itu, gejala stroke lainnya merupakan gangguan memori atau ingatan. Gangguan ini juga dikenal sebagai demensia vaskular atau sekumpulan gejala dengan kriteria gangguan memori serta gangguan kognitif yang terjadi akibat gangguan pembuluh darah di otak.

Demensia vaskular seringkali dianggap sebagai gangguan jiwa, padahal sebenarnya bukan. Pada penderita stroke, gangguan ini bisa akut atau terjadi secara perlahan. Gejala ini muncul akibat pembuluh darah yang tersumbat di otak mempengaruhi bagian otak terkait dengan memori dan kognitif. Fungsi kognitif akan berubah sehingga mereka mudah lupa dengan kejadian, sedang berada di mana, juga disertai dengan gangguan perilaku.

Karenanya, jika keluarga atau orang terdekat anda mengalami gejala lupa ataupun gangguan bahasa, sebaiknya segera bawa ke rumah sakit agar bisa mendapatkan perawatan medis. Sebab, semakin cepat ditangani maka akan semakin besar peluang untuk sembuh dan kembali normal.



Source:

CNN Indonesia