GUGUP JADI BIKIN MUAL, KOK BISA?

Saat menghadapi situasi yang menegangkan, tak hanya pikiran saja yang menjadi gelisah. Tubuh pun tiba-tiba rasanya jadi tidak enak. Setiap orang biasanya akan mengalami reaksi yang berbeda saat sedang gugup, salah satunya adalah mual dan seolah-olah ingin muntah. 

Sebenarnya apa sih hubungannya mual dengan rasa gugup?

Rasa gugup bisa disebabkan oleh berbagai situasi dan kondisi. Misalnya saat harus berbicara di depan banyak orang, berada di lingkungan yang baru, hingga tidak sabar menghadapi momen yang ditunggu-tunggu.

Saat sedang gugup, tubuh akan memproduksi hormon katekolamin dan adrenalin dalam darah. Hormon ini berfungsi untuk menyiapkan tubuh untuk bekerja lebih keras akibat adanya ancaman yang memicu perasaan gugup. Akibatnya, beberapa fungsi tubuh yang dianggap kurang berperan dalam melindungi diri pun akan diistirahatkan, salah satunya adalah sistem pencernaan. Hormon yang muncul saat gugup ini pun akan melepas simpanan lemak dan glukosa secara tiba-tiba sehingga menyebabkan kadar asam dan enzim dalam perut menjadi kacau. Hal inilah yang menyebabkan Anda merasa mual. 

Cara Mengatasi Rasa Mual Karena Gugup

Mual saat merasa gugup tentunya akan membuat Anda merasa tidak nyaman. Reaksi fisik ini merupakan reaksi spontan yang dipicu dari ancaman yang bersifat psikologis. Berikut ini merupakan beberapa cara untuk menghilangkan rasa mual saat sedang merasa gugup.

Tarik Nafas Dalam

Teknik pernafasan yang benar bisa membantu Anda mengurangi rasa gugup dan stress yang membuat mual. Anda bisa berdiri atau duduk dengan tegak kemudian pejamkan mata. Selanjutnya tarik nafas secara perlahan-lahan dalam hitungan 4 detik. Tahan selama kurang lebih 5 detik dan hembuskan secara perlahan-lahan kurang lebih selama 7 detik. Ulangi terus sampai rasa mual berkurang.

Alihkan Perhatian

Saat merasa gugup, cemas, dan susah mengendalikan pikiran, sebaiknya alihkan perhatian Anda. Misalnya dengan mengobrol dengan keluarga, pasangan, atau teman. Selain itu Anda juga bisa melakukan hal-hal lain seperti membaca buku, menonton video yang menyenangkan, ataupun menjelajahi media sosial.

Bayangkan Hal-hal Positif

Salah satu penyebab rasa mual saat merasa gugup adalah adanya ketakutan akan rasa kecewa, gagal, ataupun malu. Sebaiknya ubah pola pikir Anda dan bayangkan hal-hal sebaliknya dari apa yang Anda takutkan.

Olahraga Ringan

Melakukan olahraga pun bisa menyegarkan pikiran Anda. Olahraga akan melepas hormon endorfin yang membantu tubuh menangani rasa gugup. Anda bisa berjalan-jalan dan melakukan peregangan otot. Jika memiliki waktu luang, Anda pun bisa melakukan olahraga yang lebih berat seperti lari, berenang, atau bersepeda.

Hindari Makanan Berat

Saat sedang dihadapkan dengan situasi yang membuat gugup, sebaiknya hindari untuk memakan makanan yang berlemak, tidak sehat, dan terlalu berat. Makanlah makanan sehat secukupnya agar perut tidak kosong untuk mengurangi risiko mual dan maag.

Source:

Dilansir dari berbagai sumber