BENARKAH VIRUS CORONA BISA MENULAR LEWAT MAKANAN?

Kabar soal virus corona bisa menyebar melalui makanan kembali menyeruak akibat ditemukannya sejumlah makanan beku di China yang dinyatakan positif Covid-19. Meski begitu, para ahli kesehatan menegaskan jika belum ada bukti yang menunjukkan jika virus corona bisa menular pada manusia melalui makanan. 

Menurut Pusat Pengengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC) hingga kini belum ada bukti atau temuan yang mendukung dugaan virus corona bisa menular melalui makanan atau layanan jasa antar makanan. Namun seseorang memang bisa tertular Covid-19 akibat menyentuh permukaan benda yang terkontaminasi virus, termasuk kemasan makanan. 

Covid-19 diketahui bisa menular melalui tetesan pernapasan atau droplet orang yang terinfeksi saat mereka batuk, bersin, bahkan berbicara. Menurut CDC, langkah terbaik untuk mencegah terjadinya penularan adalah dengan memakai masker, menjaga jarak, juga rajin mencuci tangan, serta menjaga etika saat batuk dan bersin. 

Dilansir dari CNN Indonesia, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun mengatakan hal yang serupa jika virus tidak akan mungkin bertahan selama pengiriman. Karenanya, masyarakat tidak perlu khawatir akan makanan atau kemasan makanan, pemrosesan, juga proses pengiriman makanan. Hal ini disebabkan karena Covid-19 merupakan penyakit yang menyerang pernafasan yang terutama menyebar dari orang ke orang.

Sebenarnya wajar jika kita mengalami ketakutan akan penularan virus corona dari makanan. Meskipun hingga saat ini belum ada bukti kuat mengenai penularan Covid-19 melalui makanan, tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga. Sebagai antisipasi, lakukan beberapa hal berikut agar bahan makanan yang Anda dapatkan tetap aman:

-Beli di toko yang telah terjamin kebersihannya.

-Pilih bahan makanan seperti buah atau sayuran yang masih segar. Jika ingin membeli daging atau ikan, pilih yang masih segar atau belum dipotong. Hal ini bisa Anda lihat dari bentuk, warna, atau aroma yang masih segar. 


Setelah berada di rumah, jangan lupa untuk membersihkan bahan makanan sebelum disimpan atau dikonsumsi, pisahkan antara daging, sayuran, dan buah-buahan, juga olah makanan hingga matang dengan sempurna.



Source:

Dilansir dari berbagai sumber