PADA USIA BERAPA SEBAIKNYA ANAK MENGGUNAKAN MASKER? INI PANDUAN DARI WHO!

Sebelumnya, sebagian besar orang mungkin mempertanyakan bagaimana penggunaan masker yang tepat bagi anak. Namun belakangan ini Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mulai mengeluarkan panduan penggunaan masker yang tepat untuk anak. 

Menurut WHO, panduan yang dikeluarkan ini diambil dari berbagai pertimbangan. Anak yang masih berusia sangat kecil dinilai tidak begitu rentan dengan virus. Selain itu mereka juga dianggap memiliki kemungkinan yang sangat kecil untuk menularkannya ke orang lain. Pertimbangan penggunaan masker pada anak ini juga berkaitan dengan kebutuhan psikososial dan capaian tumbuh kembang anak. 

Pada tanggal 21 Agustus 2020 lalu, WHO mengeluarkan rilis terbarunya mengenai penggunaan masker pada anak. WHO mewajibkan anak usia di atas 12 tahun untuk menggunakan masker saat keluar rumah. Meski begitu ada beberapa pengecualian yang perlu diperhatikan.


Berikut ini merupakan panduan penggunaan masker pada anak sesuai dengan usia menurut WHO.

-Anak berusia di bawah 5 tahun dalam kondisi normal tidak dianjurkan menggunakan masker. Menurut WHO, penggunaan masker pada anak usia di bawah 5 tahun justru dapat membahayakan keselamatan diri mereka. 

Meski begitu ada beberapa kondisi di mana anaka-anak berusia kurang dari 5 tahun yang disarankan menggunakan masker. Misalnya seperti anak berkebutuhan khusus dalam situasi tertentu seperti mereka yang dekat dengan orang sakit. Namun WHO menekankan penggunaan masker pada anak ini harus dalam pengawasan untuk memantau penggunaan masker yang aman.

-Anak berusia 6-11 tahun: pendekatan berbasis risiko. Menurut WHO, pendekatan ini mempertimbangkan intensitas penularan lokal, lingkungan sosial, hingga kapasitas anak untuk mematuhinya. Penggunaan masker pada anak ini tentunya memerlukan pengawasan dari orang dewasa.

-Anak berusia 12 tahun ke atas: wajib menggunakan masker. Perlakuan penggunaan masker pada anak usia di atas 12 tahun ini sama seperti orang dewasa, yaitu wajib menggunakan masker. 


Penggunaan masker yang mengganggu menjadi tidak wajib bagi anak pada semua usia dengan kondisi kesehatan khusus. Misalnya seperti gangguan perkembangan, kecacatan, dan lain sebagainya. Meski begitu, kondisi ini bisa disesuaikan dengan kondisi yang dialami anak dengan mempertimbangkan arahan dari penyedia layanan medis.

Masker merupakan alat pelindung yang penting digunakan untuk mencegah penularan Covid-19. Namun untuk mencegah penularan virus pada anak, sebaiknya ajak juga mereka untuk menerapkan jaga jarak secara fisik, rajin menjaga kebersihan, menerapkan etika batuk dan bersin, serta menjaga daya tahan tubuh anak dengan mengajak untuk menerapkan pola hidup yang sehat.


Source:

Diolah dari berbagai sumber