CARA MENGHILANGKAN DAKI DI LEHER YANG EFEKTIF AGAR PENAMPILAN TETAP MENARIK

Munculnya daki membandel di bagian leher sepertinya menjadi hal yang umum dialami orang-orang. Meski tidak berbahaya tapi daki di leher bisa sangat mengganggu penampilan sehari-hari. Sebab, daki di kulit bisa sangat terlihat jelas dengan bercak warna putih atau hitam. Lalu, agar penampilan tetap terlihat menarik, bagaimana cara menghilangkan daki di leher yang efektif?

Daki merupakan kotoran yang biasanya menempel pada kulit tubuh dan bisa muncul di semua bagian tubuh. Ini karena daki terbentuk dari penumpukan minyak, kotoran, keringat, dan sel kulit mati yang tidak Sobat Sehat bersihkan secara rutin. Namun, ada juga beberapa keadaan yang dapat  menimbulkan daki, seperti hiperpigmentasi akibat trauma, pemakaian obat tertentu, dan akantosis nigrikan.

4 Cara Menghilangkan Daki di Leher

Daki yang menempel pada kulit sebenarnya tidak membahayakan kesehatan. Sayangnya, keberadaan daki ini sangat mengganggu penampilan dan bisa membuat orang-orang kehilangan rasa percaya diri. Sebab, orang yang memiliki daki biasanya akan disebut dengan orang yang jorok atau “kemproh”.

Hal tersebut memberikan nilai negatif terhadap Sobat Sehat sendiri sehingga orang-orang bisa saja malas untuk berinteraksi dengan Sobat Sehat. Nah, tapi tenang saja karena daki pada kulit bisa dibersihkan hingga bersih. Berikut beberapa cara menghilangkan daki di leher yang efektif:

Gunakan Sabun yang Berguna untuk Eksfoliator

Ketika Sobat Sehat mandi pastinya menggunakan sabun, ya. Nah, agar daki dapat menghilang dan rontok, Sobat Sehat bisa menggunakan sabun yang punya bahan sebagai eksfoliator, seperti AHA (alpha hydroxy acids) dan BHA (beta hydroxy acids). Zat AHA dan BHA ini mampu untuk mengangkat sel kulit mati yang ada di lapisan kulit terluar, lho.

Menggosok Leher saat Mandi

Membersihkan leher dari daki yang paling sederhana ialah dengan menggosok-gosok leher saat mandi hingga bersih. Ketika tubuh dalam keadaan basah, Sobat Sehat sebaiknya gosok bagian leher menggunakan shower puff, spons, atau waslap.

Alat-alat tersebut terbukti efektif dalam mengangkat kotoran, keringat, minyak, dan sel kulit mati. Oleh karena itu, membeli waslap di Apotek K-24 terdekat menjadi salah satu cara menghilangkan daki di leher yang bisa Sobat Sehat coba.

Melakukan Scrubbing secara Rutin

Selain menggunakan sabun sebagai eksfoliator, Sobat Sehat juga bisa melakukan scrubbing untuk membersihkan daki membandel di leher. Walaupun efektif dalam menghilangkan daki, scrubbing sebaiknya hanya dilakukan 1-2 kali dalam seminggu saja.

Sebab, jika dilakukan setiap hari, scrub dalam sabun bisa melukai kulit atau membuatnya iritasi. Oh iya, Sobat Sehat dapat membuat scrub secara alami, contohnya dengan mencampur gula merah, minyak kelapa, dan madu. Bahan-bahan ini terbilang efektif dalam membersihkan daki dan membantu proses eksfoliasi.

Mengendalikan Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Cara menghilangkan daki di leher yang selanjutnya adalah dengan menjaga kadar gula darah dalam tubuh. Sebab, tingginya insulin akibat diabetes bisa menyebabkan hiperpigmentasi yang membuat lipatan kulit leher menghitam karena daki.

Nah, salah satu caranya adalah dengan melakukan pengobatan yang diimbangi dengan gaya hidup sehat, seperti berolahraga dan mengatur pola makan. Selain itu, Sobat Sehat juga perlu membiasakan cek gula darah secara rutin agar bisa memonitor keadaan kesehatan tubuh.

Cek gula darah yang rutin ini dapat dilakukan melalui Apotek K-24 terdekat, lho. Apalagi kalau Sobat Sehat datang setiap pada tanggal 24, maka akan mendapatkan diskon 24% untuk cek gula darah. Demikian ulasan tentang cara menghilangkan daki di leher, semoga bermanfaat. Yuk, jaga kesehatan tubuh setiap hari bersama Apotek K-24!