NONTON FILM DI BIOSKOP BISA TINGKATKAN IMUN TUBUH? BENARKAH?

Wacana dibukanya bioskop kembali digaungkan oleh pemerintah. Kebijakan ini kabarnya akan dimulai di DKI Jakarta. Jubir Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito pun menyatakan jika menonton film di bioskop dapat membuat masyarakat bahagia, dengan begitu imunitas tubuh pun akan meningkat. Menurut Wiku, imunitas tubuh yang kuat dapat meminimalkan risiko penularan virus corona.

Padahal, bioskop merupakan ruangan tertutup dengan risiko penularan Covid-19 sangat tinggi. WHO pun sebelumnya juga telah menyatakan jika Covid-19 dapat ditularkan melalui udara. Menurut data dari Texas Medical Association, pergi ke bioskop termasuk kegiatan yang sangat tinggi risiko terinfeksi. Dari skala 1 hingga 10, risiko infeksi pergi ke bioskop adalah 9.

Hal ini dibuktikan dengan kasus yang pernah terjadi sebelumnya. Pada Mei 2020 lalu, kasus infeksi Covid-19 di Texas dilaporkan bertambah sebanyak 1000 kasus selama tiga hari berurutan. Hal ini terjadi tepat setelah mereka melonggarkan pembatasan wilayah dan mengoperasikan kembali bioskop. Padahal pemerintah Texas juga telah membatasi kapasitas bioskop maksimal 25% dari kapasitas normal pengunjung.

Pemerintah tentunya telah mempertimbangkan protokol keamanan saat membuka kembali bioskop. Menonton film di bioskop atau tidak, sebenarnya merupakan keputusan masing-masing setiap orang. Namun jika Anda terpaksa harus atau ingin sekali menonton di bioskop, sebaiknya jangan sampai mengabaikan protokol keamanan yang diterapkan.

Jangan ajak anak kecil saat Anda akan pergi ke bioskop. Sebaiknya pilih bioskop yang menerapkan protokol keamanan dengan ketat dan jangan menonton saat premiere untuk menghindari keramaian. Jangan ragu untuk menegur orang lain yang tidak menerapkan protokol keamanan dan segera pergi ke dokter atau melakukan tes swab jika Anda merasakan gejala setelah menonton film di bioskop.

Meski begitu, sebaiknya Sobat Sehat hindari untuk pergi ke bioskop agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Agar tetap aman, sebaiknya Anda menggunakan layanan streaming film untuk ditonton dari rumah.

Selain itu, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh tanpa harus pergi ke bioskop. Misalnya saja dengan menjaga pola hidup sehat, yaitu mengkonsumsi makanan bergizi, olahraga teratur, hindari stress dengan melakukan kegiatan yang disukai, juga konsumsi suplemen dan multivitamin. 


Source:

Dilansir dari berbagai sumber