NGGAK BISA HIDUP TANPA KOPI? LAKUKAN INI UNTUK KURANGI KECANDUAN KOPI

Kecanduan kopi bukanlah hal yang bagus, meskipun kopi memiliki kandungan zat yang bermanfaat bagi tubuh. Pada dasarnya, kopi memiliki kandungan antioksidan yang dapat melawan penyakit. Hal ini bisa didapatkan jika kopi dikonsumsi dengan jumlah yang wajar. Takaran konsumsi dalam batas wajar memang dapat berdampak baik bagi tubuh, misalnya seperti meningkatkan fokus dan produktivitas.

Beberapa ahli menyarankan untuk membatasi konsumsi kafein di bawah 400 miligram dalam sehari. Asupan kafein yang berlebih pada tubuh bisa menyebabkan sulit berkonsentrasi bahkan menyebabkan kegelisahan dan kecemasan juga mengurangi kualitas tidur. Tak hanya itu, konsumsi kafein yang tinggi akibat kecanduan kopi juga bisa memunculkan respon stress pada tubuh. Karenanya, sebaiknya Anda mengurangi asupan kopi dan mencoba beberapa cara untuk menghentikan kecanduan kopi. Yuk simak tipsnya!

Kurangi dengan Bertahap

 Tentunya akan sulit untuk langsung menghentikan kecanduan kopi. Karenanya, Anda bisa mengurangi konsumsi kopi secara bertahap. Buatlah target dimana Anda bisa mengurangi kopi secara perlahan. Misalnya sehari hanya minum segelas, kemudian di minggu berikutnya hanya satu gelas kopi per dua hari, dan lain sebagainya. Dengan melakukannya secara bertahap, Anda akan bisa menemukan kebiasaan baru untuk terlepas dari kecanduan kopi.

Pilih Minuman Lain yang Lebih Sehat & Bebas Kafein

Meskipun kopi yang Anda nikmati diklaim sebagai kopi bebas kafein, nyatanya masih terdapat kandungan kafein di dalamnya. Karenanya, Anda bisa memilih minuman lainnya yang lebih sehat. Misalnya seperti jus atau air lemon hangat yang lebih baik bagi kesehatan tubuh.

Banyak Minum Air Putih

Mengkonsumsi air putih jauh lebih baik daripada meminum kopi, karena air putih jauh lebih bermanfaat. Jika kebutuhan asupan air harian Anda tercukupi, maka tubuh pun akan terasa lebih segar. Rata-rata kebutuhan air bagi orang dewasa adalah 8 gelas air atau setara dengan 2 liter per harinya.

Olahraga

Olahraga dapat memberikan efek stimulasi pada tubuh dan memberikan banyak manfaat. Jika Anda ingin tubuh terasa lebih segar, sebaiknya lakukan olahraga secara rutin dan teratur daripada mengkonsumsi kopi. Selain itu, Anda juga bisa melakukan yoga, meditasi, atau bahkan pijat untuk membuat tubuh merasa lebih rileks. Kegiatan ini akan membantu Anda untuk meningkatkan konsentrasi dan mendapatkan energi sama halnya dari energi yang Anda dapatkan dari kafein.

Tidur dengan Cukup

Kebanyakan orang mengkonsumsi kopi karena merasa tidak mendapatkan tidur dengan cukup. Hal ini disebabkan karena kopi dianggap berguna untuk menghasilkan energi pada tubuh. Karenanya, Anda bisa mencari sumber energi dengan cara yang lain. Misalnya saja dengan mencukupi waktu tidur dan istirahat Anda. Jika perlu lakukan tidur siang dan jangan lupa olahraga secara teratur.

Kopi memang bermanfaat jika dikonsumsi dengan takaran yang tepat dan tidak berlebihan. Karenanya, sebaiknya Anda membatasi konsumsi kopi agar tidak menimbulkan gangguan kesehatan yang tidak diinginkan. Untuk mengurangi kecanduan kopi secara langsung memang tidak mudah. Anda bisa melakukannya secara bertahap dan menerapkan beberapa tips tersebut.  

Source: Dilansir dari berbagai sumber.