LAKUKAN INI BIAR KULIT WAJAH NGGAK JERAWATAN GARA-GARA MASKER!

Saat ini masker adalah benda yang wajib dipakai, terutama saat beraktivitas di luar rumah. Meski begitu, menggunakan masker bagi sebagian orang malah menimbulkan masalah pada kulit wajah. 

Adanya jerawat karena penggunaan masker dikenal dengan sebutan maskne. Maskne atau mask acne adalah jerawat yang muncul dan terbentuk di area yang tertutup oleh masker. Misalnya seperti dagu, hidung, atau pipi bagian bawah. Seperti halnya jerawat pada umumnya, maskne ini bisa mengganggu penampilan dan bisa meninggalkan bekas yang menjengkelkan.

Sering memakai masker dalam jangka waktu yang lama bisa membuat kulit wajah menjadi terus bergesekan dengan masker sehingga memicu iritasi dan peradangan pada kulit. Apalagi di masa adaptasi kebiasaan baru ini masker tidak bisa ditinggalkan dan wajib digunakan, karenanya kulit pun menjadi semakin meradang dan mudah berjerawat.

Tak hanya itu, menghela nafas saat menggunakan masker pun  bisa menjebak hawa panas yang membuat kulit wajah menjadi lembap. Kondisi ini pun berpotensi mengundang kuman dan bakteri untuk berkembang biak. 

Maskne pun juga bisa terjadi karena penggunaan masker yang tidak tepat. Misalnya seperti penggunaan masker bedah berulang kali atau masker kain yang dicuci dengan sembarangan biasa menjadi tempat bakteri dan kuman untuk berkembang biak. 

Untuk mencegah munculnya jerawat karena masker, Sobat Sehat bisa melakukan hal ini:

Memakai Masker dengan Bijak

Pastikan untuk tidak memakai masker bedah berulang kali atau selama seharian penuh, karena masker bedah hanya sekali pakai. Hal ini juga berlaku untuk penggunaan masker bedah ya Sobat Sehat. Jangan menggunakan kembali masker yang sudah dipakai sebelum dicuci. Jangan lupa untuk mengganti masker setelah empat jam pemakaian.

Bersihkan Wajah Sebelum Memakai Masker

Jangan lupa untuk membersihkan wajah setelah seharian berkativitas dan menggunakan masker. Pilih produk pembersih wajah sesuai dengan jenis kulitmu ya Sobat Sehat, karena penggunaan produk yang salah justru bisa memicu munculnya jerawat.

Pakai Pelembap

Agar kulit wajah tidak kusam dan dehidrasi, jangan lupa oleskan pelembap. Sebaiknya pilih pelembap dengan bahan yang ringan dan tidak mengandung banyak minyak. Atau Anda juga bisa memilih pelembap yang terasa sejuk di kulit sehingga bisa menenangkan kulit yang merah karena tergesek masker.

Pakai Sunscreen

Meskipun memakai masker, menggunakan sunscreen juga perlu lho. Jangan lupa oleskan sunscreen 15 menit sebelum Anda keluar rumah ya Sobat Sehat. Gunakan sunscreen khusus untuk wajah dengan kadar SPF 30 atau lebih untuk mencegah hiperpigmentasi kulit karena sinar matahari.

Hindari Penggunaan Makeup Berlebih

Menggunakan makeup saat memakai masker boleh boleh saja kok, asalkan tidak berlebihan. Anda bisa menggunakan makeup yang ringan dan tidak terlalu tebal. Namun jika kulit Anda memang sedang berjerawat, sebaiknya hindari terlebih dahulu penggunaan makeup karena dikhawatirkan bisa menyumbat pori-pori kulit dan malah memperparah jerawat.

Lakukan langkah-langkah tersebut ya Sobat Sehat. Meskipun menggunakan masker, kebersihan dan kesehatan kulit wajah tetap harus dijaga. Jika sudah muncul jerawat yang parah pada wajah, angan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi.


Source:

Alodokter.com