LEBIH BAIK PAGI ATAU MALAM? INI YANG HARUS DIPERHATIKAN JIKA KAMU HOBI BERSEPEDA DI MALAM HARI

Bisa dibilang jika saat ini bersepeda tengah menjadi tren berolahraga di Indonesia. Apakah Sobat Sehat juga salah satu penggemarnya?

Ada yang suka bersepeda di pagi hari sambil menghirup udara segar, namun ada juga yang lebih memilih bersepeda di malam hari. Sebenarnya lebih baik yang mana sih?

Dilansir dari CNN Indonesia, pada dasarnya bersepeda di pagi hari atau di malam hari sama baiknya. Meskipun ada pendapat jika olahraga di pagi hari memiliki lebih banyak manfaat. Hal ini disebabkan karena udara pagi yang masih segar bisa memberikan efek positif seusai berolahraga. Misalnya menjadi lebih ceria, semangat, fokus, dan tentunya membantu produktivitas kerja.

Namun terkadang ada orang yang tidak sempat berolahraga di pagi hari dan cenderung memilih untuk melakukannya di malam hari. Hal tidak ada salahnya, meskipun Anda yang gemar olahraga di malam hari harus berhati-hati.

Sebaiknya cari tempat yang aman ya Sobat Sehat. Jika Anda gemar bersepeda di malam hari, carilah tempat yang aman dari kejahatan dan memiliki pencahayaan yang baik. Karena saat ini tidak sedikit ditemukan pesepeda yang terjatuh karena jalanan yang gelap atau terkena begal.

Tak hanya itu, biasanya di malam hari karena cuaca yang dingin, polusi pun turun sampai dekat tanah sehingga bisa menjadi berbahaya karena ketinggiannya bisa sejajar dengan manusia. Meskipun hal ini perlu penelitian lebih lanjut.

Karenanya, jika Anda ingin berolahraga di malam hari, sebaiknya cari tempat yang jauh dari keramaian dan hindari tempat yang mengandung banyak polusi udara. Tak hanya itu, olahraga malam memang tidak ada salahnya namun jangan sampai mengganggu waktu tidur dan mengurangi porsi tidur.

Pasalnya, setelah melakukan olahraga, Anda memerlukan waktu untuk pendinginan dan menunggu keringat kering. Karena saat setelah selesai olahraga dan badan masih hangat akan membuat Anda susah tidur. Selain itu, terdapat penelitian jika memberikan jarak yang pendek antara tidur dan olahraga akan membuat tidur terasa lebih nyenyak. Setidaknya beri jarak minimal 2 jam dan runggu suhu tubuh menurun.

Yang paling penting, jangan lupa memakai masker dan menjaga kebersihan ya Sobat Sehat! Sebaiknya lakukan olahraga sendiri dan hindari untuk melakukannya beramai-ramai dengan banyak orang.

Source:

CNNIndonesia.com