INI AKIBATNYA JIKA KAMU TERLALU SERING MINUM AIR DINGIN!

Saat cuaca sedang panas, minum air putih dingin terasa sangat menyegarkan. Meski begitu, sebaiknya jangan terlalu sering dan ada baiknya Anda membatasi konsumsi air dingin. Minum air dingin memang tidak dilarang sama sekali namun lebih baik Anda bergantian dengan konsumsi air hangat atau suhu normal.

Dilansir dari Detikhealth, berikut ini merupakan risiko minum air dingin yang bisa terjadi pada tubuh Anda.

Gangguan Tenggorokan

Saat Anda minum dingin, terutama sesudah makan, maka tubuh akan menghasilkan penumpukan lendir berlebih (mukosa pernapasan) yang membentuk lapisan pelindung saluran pernapasan. Padahal saat salurannya tersumbat, tenggorokan akan rentan terhadap infeksi dan peradangan.

Pencernaan Jadi Tidak Lancar

Para ahli mengklaim jika minuman dingin bisa membuat pembuluh darah menjadi lebih kencang sehingga pencernaan pun akan terhambat. Tak hanya itu, rupanya hal ini juga bisa menghambat proses penyerapan nutrisi dalam pencernaan.

Saat Anda mengkonsumsi sesuatu dengan suhu yang sangat rendah, tubuh memerlukan energi ekstra untuk mencernanya. Misalnya saja suhu normal tubuh Anda adalah 37 derajat celcius, saat Anda minum air yang suhunya sangat rendah, maka tubuh akan menggantinya dengan mengeluarkan energi untuk mengatur suhu ini. Tubuh membutuhkan energi yang lebih besar untuk mengatur suhu dalam proses pencernaan agar bisa menyerap nutrisi.

Menguras Energi Tubuh

Minum air es memang bisa memberikan sensasi kesegaran, namun secara bersamaan hal tersebut juga bisa menguras energi karena tubuh harus menggunakan energi ekstra untuk proses menghangatkan air es dalam tubuh agar bisa disesuaikan dengan suhu rata-rata sesuai dengan kondisi tubuh.

Minum air dingin memang nggak berbahaya, tapi sebaiknya jangan dijadikan sebagai kebiasaan ya Sobat Sehat. Sebaiknya jangan terlalu sering mengkonsumsi air dingin dan tidak ada salahnya sesekali minum air hangat agar tidak menimbulkan gangguan pada tubuh.


Source:

Detik Health