JADI MINDER KARENA BAU BADAN MENYENGAT? COBAIN CARA INI YUK!

Bau badan tidak sedap seringkali menurunkan kepercayaan diri. Tidak hanya mengganggu diri sendiri, aroma badan yang tak sedap ini juga bisa mengganggu orang lain.

Bau badan seringkali dikaitkan dengan efek yang muncul setelah tubuh berkeringat. Padahal keringat tubuh sebenarnya tidak berbau. Bau badan ini muncul karena adanya bakteri pada permukaan kulit saat tubuh berkeringat.

Biasanya bakteri tumbuh subur di area tubuh yang lembap. Misalnya seperti pada bagian leher, ketiak, pangkal paha, area kemaluan, lipatan perut dan payudara, kaki, atau paha atas.

Saat tubuh berkeringat, bakteri memecah protein dalam keringat yang menghasilkan asam dan bau. Ini lah penyebab munculnya aroma tak sedap pada tubuh. 

Selain karena adanya bakteri, ada beberapa faktor lain yang menyebabkan bau badan seseorang bisa menjadi begitu menyengat. Misalnya karena keringat yang berlebih, tubuh gemuk, stress, keturunan, sering makan makanan pedas, hingga konsumsi kafein atau alkohol. Tak hanya itu, bau badan tidak sedap juga bisa menjadi tanda adanya penyakit tertentu pada tubuh. Seperti adanya masalah pada ginjal, diabetes, hingga kadar tiroid yang terlalu aktif.

Masalah bau badan masih bisa diatasi, apapun penyebabnya. Asalkan Anda menerapkan hidup bersih dan rajin merawat tubuh.

Yuk lakukan beberapa cara berikut untuk menghilangkan bau badan tak sedap!

Mandi

Sering mandi merupakan salah satu cara ampuh untuk mengatasi bau badan yang tidak sedap. Apalagi setelah melakukan aktivitas di luar ruangan atau aktivitas berat seperti olahraga.

Mandi dua kali sehari secara teratur bisa mengurangi pertumbuhan bakteri pada kulit. Anda bisa menggunakan sabun antibakteri atau antiseptik dan jangan lupa gosok serta basuh kulit sampai benar-benar bersih, terutama pada area yang cenderung berkeringat.

Pakai Deodoran

Gunakan deodorant yang memiliki kandungan antiperspirant untuk mengurangi keringat dengan memblokir sementara pori-pori kulit yang mengeluarkan keringat. Memakai deodoran setidaknya bisa membantu Anda menghentikan sumber bau, yaitu bakteri.

Aplikasikan deodoran setelah mandi ya Sobat Sehat! Jika bau badan Anda begitu menyengat, sebaiknya cari produk dengan persentase bahan aktif yang lebih tinggi.

Cukur dan Waxing

Cukur rambut ketiak untuk menghilangkan bau badan. Mencukur rambut ketiak memang tidak akan mengurangi produksi keringat pada tubuh, namun setidaknya hal ini akan bisa mengurangi bau badan secara signifikan.

Cuci Pakaian dengan Teratur

Jangan gantung dan memakai kembali pakaian yang sudah digunakan jika Anda mudah sekali berkeringat. Pakaian yang sudah terkena keringat ini rentan menjadi sarang bakteri penyebab bau badan tak sedap.

Sebaiknya cuci pakaian dengan teratur setelah digunakan ya Sobat Sehat. Rendam dan gosok pakaian terutama di daerah yang rentan menjadi sarang bakteri.

Pilih Bahan Pakaian yang Sesuai

Pilih pakaian dengan bahan serat alami seperti katun atau wol bisa membantu mencegah penumpukan keringat dan bakteri penyebab bau badan tak sedap. Material ini lebih dingin dan nyaman digunakan sehingga memungkinkan kulit tubuh lebih mudah bernapas dan keringat lebih cepat menguap.

Hindari pakaian dengan bahan polyester, spandex, atau nilon karena merupakan surga bagi bakteri untuk berkembangbiak. Kain dengan serat sintetis ini cenderung panas dan bisa memerangkap keringat sehingga bisa menimbulkan bau badan.

Hindari Stress

Stress juga bisa memicu bau badan yang tidak sedap. Saat sedang stress, otak melepaskan adrenalin dan kortisol pada aliran darah. Kemudian sistem saraf memberi sinyal kelenjar keringat apokrin yang terletak di bagian tubuh dengan banyak folikel rambut seperti area genital dan ketiak untuk berkeringat.

Karenanya, sempatkan untuk melakukan relaksasi agar tubuh bisa mengendalikan stress yang bisa memicu keluarnya keringat pada tubuh.

Keringat yang disebabkan oleh stress ini tidak ada hubungannya dengan suhu eksternal tubuh. Karenanya, kita memang tidak bisa mengontrolnya dengan mudah.

Perhatikan Pola Makan

Bau badan yang tidak sedap juga bisa dipicu akibat makanan yang kita konsumsi. Beberapa makanan pemicu bau badan adalah bawang putih, bawang merah, paprika, daging merah, kopi, teh, juga alkohol. Jika Anda ingin menghilangkan aroma tidak sedap pada tubuh, hindari beberapa jenis makanan tersebut dan konsumsi makanan yang tinggi akan zinc dan magnesium seperti kerang, yogurt, dan buah-buahan yang bisa membantu mengatasi bau badan tidak sedap.


Beberapa cara tersebut mungkin bisa dilakukan untuk mengembalikan kepercayaan diri Anda. Selalu jaga kebersihan tubuh dengan baik ya Sobat Sehat untuk mencegah munculnya bau badan yang menyengat.


Source:

CNNIndonesia.com