INGIN MENGAJAK ANAK KELUAR RUMAH SAAT NEW NORMAL? LAKUKAN INI BUNDA!

Anak-anak mudah merasa bosan jika harus selalu berada di rumah setiap hari. Meskipun kita telah memasuki masa new normal, namun bukan berarti Bunda bisa mengajak si kecil bepergian dengan bebas. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar anak tetap aman meskipun diajak keluar rumah di tengah pandemi.

Untuk memutus rantai penularan Covid-19, pemerintah menganjurkan masyarakat untuk berada di rumah, termasuk anak-anak. Bahkan kegiatan belajar yang semula dilakukan di sekolah pun harus dilakukan di rumah.

Tentunya hal ini membuat anak merasa bosan. Karena merasa jenuh, anak-anak pun menjadi rewel bahkan menangis dan merengek minta keluar rumah. Anak-anak memang bukan kelompok yang rentan terinfeksi Covid-19 namun mereka tetap berisiko tertular virus corona. Karenanya, sebagai orang tua sebaiknya kita selalu memperhatikan keamanan mereka saat terpaksa mengajaknya keluar rumah.

Diterapkannya new normal memang membuat kita sedikit lebih longgar untuk keluar rumah. Tapi bukan berarti mengabaikan protokol kesehatan dan keselamatan dari Covid-19 ya Sobat Sehat. Pastikan untuk memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan saat mengajak si kecil keluar ya Bunda. Selain ini, ada beberapa hal yang bisa dilakukan saat Anda ingin mengajak si kecil keluar.

Pastikan Anak dalam Keadaan Sehat

Sebelum benar-benar mengajak anak Anda keluar rumah, Anda harus memastikan si kecil berada dalam kondisi yang sehat. Saat anak Anda sedang tidak fit, sistem imun tubuh mereka akan lebih lemah sehingga rentan terserang virus dan penyakit. Karenanya, sebelum mengajak si kecil pergi, pastikan ia berada dalam kondisi yang sehat ya Bunda!

Hindari Tempat Ramai

Sebelum keluar rumah, sebaiknya pastikan tempat yang ingin Anda kunjungi tidak ramai. Tempat-tempat yang tertutup dan memiliki sirkulasi udara yang buruk berisiko tinggi terjadi penularan Covid-19 dengan mudah. Apalagi tempat yang ramai dan padat pengunjung.

Sebaiknya pilih tempat terbuka dan outdoors seperti di taman atau pantai. Tapi jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol keamanan ya Sobat Sehat!

Pakai Masker

Saat berada di tempat yang padat dan sulit untuk menjaga jarak, anak disarankan untuk menggunakan masker. Misalnya saja saat akan melakukan vaksinasi di rumah sakit. Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya percikan droplet.

Meski begitu, penggunaan masker untuk anak yang belum genap berusia 2 tahun tidak dianjurkan ya Bunda. Penggunaan masker pada usia ini justru berisiko menyebabkan anak tercekik atau malah lebih sering memegang area wajahnya. Selain itu, penggunaan masker pada anak juga tidak dianjurkan saat mereka sedang berolahraga atau asyik berlarian.

Jangan Menyentuh Apapun Saat di Tempat Umum

Selalu perhatikan anak Anda ya Bunda. Anak-anak dikenal memiliki rasa penasaran yang tinggi. Saat mereka menemukan benda yang menarik dan belum pernah mereka lihat sebelumnya, biasanya mereka akan menyentuhnya.

Sebelum mengajak anak keluar rumah, sebaiknya Bunda memberitahunya agar tidak menyentuh benda-benda yang ada di tempat umum. Jangan ragu untuk menjelaskan pada mereka jika benda yang ada di tempat umum biasanya telah disentuh banyak orang sehingga banyak bakteri atau virus yang menempel.

Jika si kecil tidak sengaja menyentuh benda di tempat umum, sebaiknya Bunda segera mencuci tangannya dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer.


Meskipun beberapa tips tersebut dapat meminimalisir risiko penularan Covid-19, namun berada di dalam rumah tetap merupakan pilihan terbaik. Sebaiknya hindari untuk pergi keluar jika tidak ada keperluan yang mendesak. Jika si kecil bosan, Bunda bisa mengajaknya untuk melakukan berbagai kegiatan yang tidak monoton. Misalnya seperti mengajak bermain berbagai permainan baru, memasak bersama, berkebun, dan lain sebagainya.



Source:

Alodokter.com