JIKA COVID-19 MENYEBAR MELALUI UDARA, MASKER ADALAH CARA PALING EFEKTIF CEGAH PENULARAN

Beberapa waktu lalu, WHO mengatakan jika virus corona bisa menyebar melalui udara. Riset terbaru WHO ini dilakukan setelah didesak oleh 239 ilmuwan mengenai penularan Covid-19 melalui udara.

Penularan melalui udara terjadi karena mikrodroplet yang menyebar. Microdroplet ini merupakan partikel sangat kecil yang keluar saat seseorang bernafas, berbicara, dan bernyanyi. Partikel ini mudah terhirup oleh orang lain apalagi dalam ruangan tertutup dengan sirkulasi udara yang buruk.

Jika virus SARS-CoV-2 dapat menyebar dan menular melalui udara, lalu pencegahan seperti apa yang harus dilakukan?

Bukan hanya virus corona saja, namun beberapa penyakit akibat virus lainnya juga bisa menyebar melalui udara, termasuk flu. Selain dengan vaksin dan obat, virus flu yang penularannya melalui udara juga bisa dicegah dengan memakai masker.

Karenanya, terkait dengan Covid-19, para ahli pun menyarankan semua orang untuk memakai masker sebagai upaya pencegahan penularan virus corona. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), menggunakan masker merupakan langkah tambahan yang bisa diterapkan untuk mengurangi penularan Covid-19, selain menjaga jarak, rajin mencuci tangan, dan upaya lainnya.

Dilansir dari CNN Indonesia, menurut studi yang dimuat dalam Jurnal Plos Pathog, masker dapat membantu mengurangi penyebaran virus melalui udara, misalnya seperti virus flu musiman. Menggunakan masker bisa mencegah penyebaran virus melalui mikrodroplet yang dihembuskan tiga kali lebih sedikit daripada tidak menggunakan masker saat terkena flu.

Padahal mikrodroplet atau aerosol yang sangat ringan ini dapat bertahan lebih lama di udara, apalagi di tempat dengan sirkulasi udara yang buruk. Menurut penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Proceeding of The National Academy of Sciences, penggunaan masker merupakan cara paling efektif untuk mengurangi penyebaran virus corona. Penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti di Texas dan California ini membandingkan tren tingkat infeksi Covid-19 di Italia dan New York sebelum dan setelah adanya kebijakan untuk memakai masker.

Karenanya menggunakan masker sangat direkomendasikan, selain itu juga menjaga jarak secara fisik, dan rajin membersihkan tangan, apalagi untuk orang yang sedang sakit. Tentunya semakin Anda dekat dengan orang yang terinfeksi, maka semakin banyak aerosol yang mungkin terpapar di sekitar Anda. 


Source:

CNNIndonesia.com