HARUS PAKAI TOILET UMUM SAAT PANDEMI? BEGINI CARANYA AGAR AMAN!

Saat ini Indonesia telah memasuki masa New Normal. Secara perlahan berbagai aktivitas pun mulai pulih seperti semula. Meski begitu, virus corona masih belum sepenuhnya hilang. Dan hal ini tentunya menyisakan rasa khawatir, terlebih saat kita menjalani new normal. 

Rasa khawatir mungkin menyelimuti sebagian besar orang, apalagi saat kita harus berurusan dengan toilet umum yang ada di kantor atau di tempat lainnya, karena menggunakan toilet umum tentunya berbeda dengan toilet pribadi di rumah. Apalagi di masa pandemi seperti saat ini.

Toilet rasanya merupakan tempat yang tidak bisa dihindari saat berada di suatu tempat selama berjam-jam. Karenanya, yuk kita simak bagaimana caranya agar tetap aman menggunakan toilet umum selama masa pandemi ini.

Menjaga Jarak

WHO menyebutkan jika virus corona bisa menular jika jarak antara satu orang dengan yang lainnya saling berdekatan. Karenanya, hal ini perlu diperhatikan jika membicarakan mengenai toilet. Menjaga jarak secara fisik mungkin cukup sulit untuk dilakukan saat menggunakan toilet umum apalagi saat toilet cukup ramai.

Meski begitu, beberapa tempat yang menyediakan fasilitas toilet pun menandai wastafel tengah dengan selotip atau membuat tanda agar orang tidak berdiri terlalu dekat satu sama lain. Namun jika Anda tidak menemukan tanda tersebut, Anda bisa menggunakan inisiatif sendiri untuk menjaga jarak dari kerumunan saat sedang menggunakan toilet.

Memakai Masker

Masker merupakan sebuah benda yang wajib dipakai dan tidak boleh ketinggalan saat Anda meninggalkan rumah, apalagi saat memasuki toilet umum. Anda pun bisa menggunakan face shield (namun tetap memakai masker) untuk menghindari penularan virus corona.

“Flush” Toilet dengan Menutupnya

Sebelum menekan tombol flush, sebaiknya Anda menutup toilet terlebih dahulu. Dilansir dari CNNIndonesia.com, aktivitas penyiraman toilet bisa menimbulkan tetesan dan menguap sehingga bisa terhirup atau jatuh juga menempel ke permukaan benda.

Menurut jurnal dari Physic Fluids, sebanyak 40 hingga 60 persen dari total partikel bisa naik ke atas dudukan toilet dan mengakibatkan penyebaran secara luas dengan ketinggian mencapai 106,5 cm dari tanah. Sehingga jika pengguna toilet terinfeksi Covid-19, maka tetesan air penyiraman bisa jadi membawa virus. 

Karenanya, selain menutup toilet sebelum menyiram, sebaiknya Anda membersihkan dudukan toilet sebelum digunakan dan jangan lupa mencuci tangan sesudahnya. Hal ini disebabkan karena partikel virus bisa jadi berada di permukaan tombol flush atau alat penyiram.

Mencuci Tangan

Dimanapun dan kapanpun, jangan pernah lupa untuk mencuci tangan, termasuk saat di toilet. Penularan Covid-19 sangat mungkin terjadi melalui permukaan benda dan mencuci tangan merupakan cara terbaik agar Anda tetap aman terhindar dari penularan tersebut. Cuci tangan tidak hanya bisa menghindarkan Anda dari virus corona, tetapi juga bisa menghindarkan Anda dari berbagai macam kuman penyebab penyakit lainnya.

Meskipun sudah menjaga kebersihan dengan mencuci tangan, namun sebaiknya Anda tetap berhati-hati saat di toilet. Karena terkadang, tidak sedikit toilet yang memiliki sirkulasi udara yang kurang baik.

Tak hanya itu, setelah mencuci tangan pun sebaiknya Anda menggunakan tisu daripada mesin pengering otomatis. Karena menurut penelitian dari University of Leeds, mesin pengering otomatis bisa menyebarkan aerosol yang terkontaminasi ke permukaan benda lain.

Jangan Sentuh Benda-benda di Toilet

Sebisa mungkin, hindari untuk menyentuh benda-benda di toilet. Sebaiknya Anda menggunakan toilet secara efektif dan seperlunya saja misalnya seperti hanya memegang slot kunci pintu, membersihkan dudukan toilet, menutup toilet sebelum menyiram, dan mencuci tangan. 

Hindari Memegang Wajah

Sadar atau tidak, tangan kita bagaikan alat transportasi yang bisa menyebarkan bakteri dan virus. Karenanya, sebaiknya Anda menghindari untuk menyentuh wajah apalagi jika Anda tidak bisa memastikan apakah tangan Anda sudah bersih atau belum. Karena tangan bisa saja membawa virus atau kuman lain untuk masuk melalui hidung, mulut, atau cairan pada mata. Untuk menghindari kebiasaan menyentuh wajah, Anda bisa menggunakan masker atau pelindung wajah seperti face shield.


Tidak ada salahnya melakukan tindakan pencegahan penularan saat menggunakan toilet umum. Akan tetapi, sebaiknya Anda juga melakukan antisipasi lainnya dengan menjaga daya tahan tubuh dengan menerapkan pola hidup yang sehat dan selalu menjaga kesehatan.



Source:

CNNIndonesia.com