SUDAH MULAI BEKERJA DI KANTOR? YUK CEGAH PENULARAN COVID-19 SAAT MENGGUNAKAN TRANSPORTASI UMUM

Secara perlahan kondisi mulai berangsur pulih seperti sedia kala, namun tetap ada hal-hal baru yang harus diterapkan untuk mencegah penularan Covid-19. Saat ini tidak sedikit yang sudah mulai kembali bekerja di kantor. Transportasi umum pun tetap dipilih untuk melakukan perjalanan menuju tempat kerja.

Tidak bisa dipungkiri jika transportasi umum sangat rentan terhadap penularan virus corona. Meski begitu ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegahnya. Dilansir dari CNN Indonesia, berikut ini merupakan beberapa tips untuk mencegah penularan Covid-19 di angkutan umum, yang dikutip dari rilis Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI.

Pakai Masker dan Bawa Hand Sanitizer

Masker merupakan benda yang tidak boleh ketinggalan dan harus selalu digunakan saat Anda ingin keluar rumah, termasuk saat Anda menggunakan transportasi umum. Menggunakan masker dan rajin menjaga kebersihan tangan merupakan cara ampuh yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan virus. Jangan lupa juga untuk selalu membawa hand sanitizer di dalam tas ya Sobat Sehat. Hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 70 persen bisa digunakan sebagai pengganti sabun antiseptik dan air mengalir untuk mencuci dan membersihkan tangan.

Hindari Menyentuh Benda yang Sering Disentuh Orang Lain

Virus corona bisa menular melalui droplet yang tertinggal di permukaan benda mati. Karenanya, sebaiknya Anda menghindari untuk menyentuh pintu atau benda lain yang sering disentuh orang menggunakan telapak tangan. 

Jaga Jarak dengan Penumpang Lain

Selalu ikuti protokol keamanan yang telah disediakan oleh angkutan umum. Anda harus selalu menjaga jarak dengan penumpang lain saat berada dalam transportasi umum setidaknya minimal satu meter.

Hindari Berbagi Makanan dan Minuman

Berbagi merupakan tindakan yang baik dan tidak ada salahnya untuk dilakukan, namun di tengah pandemi ini, sebaiknya Anda mengurangi atau meninggalkan kebiasaan tersebut. Sebaiknya jangan berbagi makanan atau minuman dari wadah yang sama dengan orang lain.

Konsumsi Makanan Bergizi dan Cukupi Kebutuhan Air

Anda perlu menjaga kesehatan tubuh seiring dimulainya kembali berbagai aktivitas. Selalu perhatikan daya tahan tubuh Anda dengan konsumsi makanan bergizi dan memenuhi asupan kebutuhan air harian Anda, untuk orang dewasa setidaknya disarankan untuk minum sebanyak 8 gelas air per hari.


Pastikan untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan ya Sobat Sehat agar terhindar dari penularan virus corona. Jangan lupa untuk selalu pakai masker dan bawa hand sanitizer kemanapun Anda pergi. 



Source:

CNNIndonesia.com