INTOLERANSI LAKTOSA TAPI INGIN MINUM SUSU? SIMAK TIPSNYA!

Apakah Sobat Sehat pernah diare setelah minum susu? Jika iya, bisa jadi Anda mengalami intoleransi laktosa. Intoleransi laktosa merupakan gangguan pencernaan yang disebabkan karena tubuh tidak mampu mencerna laktosa.

Seseorang yang memiliki kondisi intoleransi laktosa tidak dapat mencukupi produksi enzim laktase untuk mencerna laktosa. Karenanya, laktosa akan bergerak melalui usus tanpa tercerna sehingga menyebabkan gangguan pencernaan. 

Jika Anda mengalami intoleransi laktosa, tidak hanya susu, namun produk olahan susu lainnya seperti keju, es krim, yogurt, dan mentega pun bisa mempengaruhi sistem pencernaan Anda. Beberapa gejala intoleransi laktosa yang dikeluhkan misalnya seperti kembung, kram perut, mual, dan diare setelah mengkonsumsi susu dan produk turunannya.

Meskipun memiliki kondisi tersebut, sebenarnya Anda masih bisa mengkonsumsi susu dan produk olahannya lho. Gimana ya caranya?

Ketahui Batas Intoleransi Laktosa Pada Tubuh

Setiap orang bisa mengalami intoleransi laktosa dengan batasan masing-masing saat mengkonsumsi susu dan produk turunannya. Untuk bisa tetap mengkonsumsinya, Anda perlu mengetahui batasan diri sendiri. Misalnya seperti seberapa banyak, apa saja, dan kapan Anda bisa mengkonsumsinya tanpa merasakan gejala permasalahan pencernaan.

Konsumsi Laktosa dengan Porsi Kecil

Jika sulit mengetahui batasan intoleransi laktosa, Anda bisa mengkonsumsi susu dan produk olahan susu lainnya dalam porsi yang kecil. Umumnya, seseorang yang mengalami intoleransi laktosa masih bisa mentoleransi laktosa dalam jumlah yang kecil, paling tidak hingga 18 gram dalam sehari atau setara dengan satu gelas susu.

Imbangi dengan Makanan Lain

Biasanya, seseorang dengan kondisi intoleransi laktosa akan lebih mudah mencerna laktosa jika dikonsumsi bersama dengan makanan lain. Meski begitu, hindari untuk mengkonsumsi susu dan produk turunannya dalam porsi yang besar karena akan tetap bisa menimbulkan gejala intoleransi laktosa.

Konsumsi Susu Bebas Laktosa atau Sedikit Laktosa

Sebaiknya pilih susu atau produk turunan susu dengan kandungan bebas laktosa atau sedikit laktosa jika Anda tidak yakin. Beberapa produk ini bisa mudah ditemukan di pasaran. Untuk produk turunan susu yang mengandung sedikit laktosa seperti keju, Anda bisa memilih keju cheddar atau mozarella. Selain itu, yogurt pun memiliki sedikit kandungan laktosa sehingga aman untuk dikonsumsi.

Pilih Produk Bebas Susu

Anda bisa beralih pada jenis makanan lain dengan kandungan nutrisi yang serupa, misalnya seperti almond atau susu kedelai. Susu kedelai pun relatif lebih aman untuk seseorang yang mengalami intoleransi laktosa jika ingin mengkonsumsi susu dan produk turunannya.


Jangan ragu untuk menanyakan pada ahli gizi agar bisa mendapatkan saran yang tepat mengenai pola makan Anda, termasuk seberapa banyak susu dan produk turunannya yang bisa dikonsumsi tanpa merasakan gejala intoleransi laktosa.



Source:

Hellosehat.com