DEAR LADIES, TERNYATA KEBIASAAN INI BISA MEMBAHAYAKAN VAGINA!

Vagina merupakan organ yang sangat sensitif sehingga rentan terjadi infeksi. Ada berbagai hal yang bisa menyebabkan infeksi pada vagina wanita. Karenanya, hal ini merupakan pengetahuan yang penting bagi para wanita agar bisa terhindar dari risiko tersebut.

Berikut ini merupakan beberapa kebiasaan yang sebaiknya dihentikan atau dihindari untuk menjaga kesehatan organ intim Anda. Simak ya, ladies!

Memakai Celana Dalam yang Terlalu Ketat

Pakaian dalam seharusnya memiliki ukuran yang pas dengan tubuh dan lebih baik jika tidak terlalu ketat. Memakai pakaian dalam yang ketat bisa menyebabkan gesekan, iritasi, serta mengganggu kelembapan vagina sehingga beresiko menyebabkan infeksi.

Douching

Mungkin beberapa orang belum familiar dengan istilah ini. Douching adalah sebuah metode saat wanita membersihkan atau mencuci vagina dengan cairan khusus, baik itu sabun pembersih khusus ataupun racikan campuran air dan cuka. 

Sebenarnya hal ini masih menjadi perdebatan antara manfaat dan efek samping dengan cara ini, namun risiko terjadi infeksi mungkin lebih besar jika dibandingkan manfaatnya. Apalagi jika dilakukan di sekitar waktu terjadinya ovulasi, saat serviks membuka dan mengeluarkan sedikit lendir. 

Steam Vagina

Steam vagina atau ratus merupakan cara perawatan vagina dengan menggunakan uap herbal. Namun cara ini sebenarnya bisa mengganggu bakteri alami dari vagina sehingga bisa menyebabkan infeksi.

Tindik Vagina

Beberapa wanita menganggap hal ini sebagai bagian dari fantasi seksual. Namun sebenarnya menindik vagina merupakan hal yang tidak perlu dilakukan karena dapat menyebabkan komplikasi serius. Vagina merupakan organ yang sensitif sehingga menindiknya tidak hanya akan menimbulkan rasa sakit dan kerusakan saraf namun juga berisiko menyebabkan infeksi.

Memilih Pelumas dengan Sembarangan

Menggunakan pelumas saat berhubungan intim merupakan hal yang sangat wajar, namun jangan sembarangan memilih ya Sobat Sehat. Sebaiknya jangan menggunakan pelumas apapun selain pelumas standar dan alami. Karena zat aneh yang kurang terpercaya malah bisa menyebabkan infeksi bahkan pelumas yang berbasis minyak tebal pun bisa menyebabkan sulit untuk dikeluarkan dari saluran vagina lho.

Memasukkan Benda Asing ke Dalam Vagina

Adanya benda asing yang masuk berpotensi menyebabkan infeksi vagina. Umumnya gejala yang muncul jika terjadi infeksi adalah munculnya bau tidak sedap serta perubahan keputihan.

Menggunakan Sabun dengan Parfum Beraroma

Vagina memang memiliki aroma tersendiri dan terkadang aroma tersebut tidak disukai. Adanya infeksi memang bisa menyebabkan bau, namun menggunakan sabun atau parfum beraroma merupakan hal yang kurang tepat karena bisa mengganggu keseimbangan pH vagina. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter jika terjadi masalah dengan vagina Anda dan jangan menggunakan produk sabun dengan sembarangan.


Menjaga kesehatan organ intim merupakan hal yang wajib dilakukan oleh wanita. Karena vagina merupakan area yang sangat sensitif dan keseimbangan pH-nya harus selalu terjaga. Sejatinya vagina memiliki kandungan lactobacillus yang bisa bekerja secara khusus melindungi dirinya sendiri. Artinya, jika Anda melakukan kebiasaan aneh malah akan menyebabkan vagina tidak bisa melindungi dirinya sendiri. 

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter jika terjadi permasalahan dengan organ intim Anda. Jangan sampai salah langkah karena asal memilih produk perawatan vagina ya Sobat Sehat!


Source:

Halodoc.com