WASPADA! KELELAHAN AKUT BISA MENGANCAM NYAWA

Duka mendalam kembali terjadi, Indonesia baru saja kehilangan seniman campursari terbaiknya, yaitu Didi Kempot pada 5 Mei 2020 lalu. Pelantun tembang Banyu Langit ini diduga meninggal karena serangan jantung yang disebabkan oleh kelelahan.

Faktanya, kelelahan memang bisa berdampak serius pada kondisi tubuh bahkan bisa menyebabkan kematian. Dilansir dari Kompas.com, Dekan FKUI Prof dr Ari Fahrial Syam SpPd-KGEH MMB FINASIM FACP mengungkapkan jika setiap orang memiliki batas waktu untuk bekerja. 

Manusia bukan robot yang sanggup bekerja aktif selama 24 jam non-stop. Dalam siklus 24 jam hidup manusia, pakar kesehatan membagi menjadi tiga siklus biologis, yaitu 8 jam untuk bekerja keras, 8 jam untuk kerja ringan, dan 8 jam untuk istirahat atau tidur. Konsep ini pun telah diuji secara genetik. 

Jika porsi waktu tersebut diabaikan, misalnya saja jika seseorang bekerja keras lebih dari 12 jam, maka dampak kesehatan yang serius akan terjadi. Apalagi pada orang-orang yang memiliki riwayat penyakit kronis.

Misalnya saja pada orang-orang yang memiliki diabetes jika kelelahan makan gula darahnya akan menjadi tidak terkontrol, pun dengan dengan hipertensi bisa terkena stroke, dan orang yang telah memiliki sumbatan pada pembuluh jantung bisa mengalami serangan jantung hingga meninggal.

Orang-orang yang tidak memiliki penyakit kronis pun jika kelelahan, kurang tidur, dan memiliki pola makan tidak teratur bisa menyebabkan menurunnya daya tahan tubuh. Jika imun tubuh buruk, tentunya virus dan penyakit bisa dengan mudah menyerang tubuh.

Keadaan akan lebih parah jika mereka mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak, minuman penambah stamina, juga minuman dengan kandungan kafein. Selain itu, stress dan faktor lingkungan kerja yang tidak sehat pun dapat memperburuk keadaan.

Manusia bukanlah mesin yang bisa bekerja terus menerus. Agar tetap bisa memiliki performa kesehatan yang baik dan produktivitas yang optimal, seseorang membutuhkan waktu untuk beristirahat dan tidur. Karenanya, jangan pernah sepelekan waktu untuk beristirahat ya Sobat Sehat!

 

Source: Kompas.com