KULIT JADI KERING SAAT KARANTINA MANDIRI, YUK SIMAK CARA MENGATASINYA!

Saat sedang melakukan karantina mandiri, seseorang tidak akan keluar dari rumah sehingga tidak tersentuh udara luar dan polusi. Harusnya kulit pun menjadi bersih, sehat, dan tampak glowing. Namun, sebagian orang malah mengeluhkan adanya masalah kulit seperti kering, jerawat, kusam, dan lain sebagainya meskipun tidak keluar rumah.

Polusi udara bukanlah satu-satunya faktor penyebab masalah kulit. Udara dalam ruangan seringkali lebih kering, apalagi jika menggunakan AC atau penghangat udara yang membuat udara berputar di situ-situ saja. Padahal kulit membutuhkan kelembapan yang cukup karena jika terlalu kering, kulit akan lebih rentan mengalami ruam dan gangguan lainnya.

Tak hanya itu, rutinitas yang berubah drastis saat karantina mandiri seperti perubahan pola makan, stres, dan masalah tidur pun tanpa disadari juga bisa mempengaruhi kesehatan kulit.

Lalu, apa yang sebaiknya kita lakukan untuk menjaga kesehatan kulit saat sedang karantina mandiri?

Pakai Sabun yang Mengandung Pelembap

Setiap sabun dibuat untuk jenis kulit dan bagian tubuh yang berbeda. Sabun untuk wajah biasanya lebih lembut jika dibandingkan dengan sabun untuk badan dan tangan. Sebaiknya gunakan sabun khusus untuk wajah jika ingin mencuci muka dan sabun khusus untuk mencuci tangan.

Jangan lupa pula untuk selalu mengaplikasikan pelembap setelah mandi, cuci tangan, atau cuci muka. Anda bisa memilih pelembap dengan kandungan hyaluronic acid, antioksidan, dan vitamin c untuk mencegah kulit kering dan pecah-pecah.

Kelola Stress dengan Baik

Saat sedang stress, tubuh melepaskan hormon kortisol yang juga bisa mengacaukan sistem kerja imun tubuh sehingga menyebabkan peradangan, termasuk pada kulit. Tak hanya itu, saat sedang stress pun tanpa sadar kita jadi memiliki kebiasaan untuk sering menyentuh kulit. Sehingga menimbulkan masalah lain pada kulit. 

Meski begitu stress tidak dihindari namun Anda bisa mengelolanya dengan baik. Misalnya saja dengan menghindari informasi-informasi tertentu, melakukan kegiatan yang Anda sukai, hingga merawat diri dengan meditasi dan menjaga komunikasi dengan orang terdekat.

Tidur Cukup dan Olahraga Teratur

Adanya karantina mandiri malah membuat orang menjadi lebih sulit tidur. Padahal, kurang tidur bisa memicu pelepasan hormon kortisol, menghambat produksi kolagen, hingga membuat kulit lebih kering. Karenanya, kulit menjadi lebih mudah mengalami breakout saat kurang tidur.

Karenanya, sebaiknya Anda mengusahakan untuk tidur dengan cukup jika ingin merawat kulit saat masa karantina ini. Hindari bermain gadget sebelum tidur dan hal-hal lainnya yang bisa menghambat tidur Anda.

Selain tidur dengan cukup, sebaiknya Anda pun berolahraga secara teratur. Olahraga bermanfaat bagi tubuh karena bisa membantu melepaskan hormon endorfin, yakni hormon yang bisa menimbulkan perasaan bahagia untuk menghindari stress.

Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Makanan yang dikonsumsi pun juga bisa mempengaruhi kondisi kesehatan kulit. Makanan tertentu bisa dikonsumsi untuk membantu merawat kulit selama karantina. Namun ada pula makanan yang perlu dibatasi karena bisa memperparah kondisi kesehatan kulit.

Batasi konsumsi makanan dan minuman yang terlalu manis. Karena makanan ini bisa meningkatkan kadar gula darah dan memicu naiknya hormon insulin yang bisa menyebabkan peradangan dan menimbulkan masalah pada kulit.

Rutin Lakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi bertujuan untuk membersihkan sel-sel kulit mati yang bisa menyumbat pori-pori. Tak hanya itu, eksfoliasi pun bisa membantu produk skincare lain untuk bisa lebih menyerap dalam kulit.

Meski begitu, jangan lakukan eksfoliasi terlalu sering dan setidaknya bisa dilakukan sebanyak dua kali dalam seminggu. Eksfoliasi bisa dilakukan dengan scrub atau menggunakan produk yang memiliki kandungan  AHA dan BHA.

 Karantina mandiri memang membuat orang jenuh, tak heran stress pun bisa muncul. Karenanya, kelola stress dengan baik untuk menghindari masalah pada kulit. Selain itu perhatikan pula pola makan, olahraga teratur dan istirahat dengan cukup untuk merawat kulit saat sedang karantina di rumah. Selain itu, Anda juga bisa mengkombinasikan cara tersebut dengan melakukan serangkaian rutinitas skincare.


Source:

 Hellosehat.com