HIDUNG TERSUMBAT? LAKUKAN INI AGAR TETAP BISA TIDUR NYENYAK

Di cuaca yang sedang tidak menentu seperti ini beberapa orang mudah terkena flu karena daya tahan tubuh yang menurun. Saat sedang terkena flu, biasanya hidung akan tersumbat dan mengganggu pernafasan.

 Hal ini memang terasa cukup mengganggu, apalagi jika kita terpaksa terjaga di malam hari karena kesulitan tidur akibat hidung tersumbat dan sulit bernafas. 

Berikut ini merupakan beberapa hal yang bisa dilakukan agar tidur tetap nyenyak meski hidung tersumbat karena flu. Simak caranya!


  1. Mandi dengan Air Hangat

Mandi dengan air hangat merupakan salah satu cara terbaik untuk meredakan hidung tersumbat, karena uap air akan membantu mengencerkan lendir pada hidung.

Meskipun memang tidak bisa menghilangkan hidung tersumbat sepenuhnya, mandi air hangat ini bisa membuat tidur lebih lelap. Jika cara ini kurang ampuh, Anda juga bisa menghirup uap air panas untuk melancarkan pernafasan.


  1. Kompres Air Panas

Anda bisa mengompres dahi menggunakan air panas. Pakai handuk kecil yang telah dicelupkan pada air panas, lalu letakkan di atas dahi. Hal ini diyakini dapat meredakan hidung tersumbat karena membuat darah menjadi mengalir dengan baik, akibatnya peradangan dan hidung tersumbat pun akan berkurang.


  1. Ganjal dengan bantal tambahan

Hidung lebih mudah tersumbat saat Anda berada dalam posisi berbaring. Anda bisa menggunakan bantal tambahan untuk menopang kepala agar pernapasan bisa lebih mudah, karena posisi kepala yang tinggi bisa mendorong lendir mengalir dari hidung dan menghilangkan tekanan ekstra dari kepala. Sehingga tidur pun akan menjadi lebih lelap.


  1. Konsumsi Banyak Air Putih

Asupan cairan yang cukup sangat penting bagi tubuh, terlebih saat Anda terkena flu. Karenanya, pastikan tubuh selalu terhidrasi dengan baik dengan meminum banyak air putih. Asupan air pada tubuh memiliki berbagai manfaat baik, salah satunya adalah membantu mengencerkan lendir dan mengurangi tekanan pada sinus saat Anda sedang terkena flu. Selain itu juga dapat membantu mengurangi peradangan, iritasi, sakit kepala, bahkan membuat lebih mudah tidur.


  1. Makan Makanan Pedas

Mengkonsumsi makanan pedas pun juga dianggap bisa membuat tidur lebih nyenyak saat terkena flu lho. Makanan pedas yang mengandung senyawa capsaicin secara alami dapat mendorong aliran lendir. Senyawa capsaicin yang terdapat pada cabai ini pun dapat memperlebar saluran hidung sehingga mengurangi peradangan dan nyeri sinus.


Tidak hanya membuat tidur menjadi tidak nyenyak, flu dan hidung tersumbat juga mengganggu aktivitas. Karenanya, jika Anda sudah mengalami flu selama beberapa hari dan belum juga pulih setelah istirahat teratur dan minum obat, tidak ada salahnya untuk pergi ke dokter agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat.


Source:

CNNIndonesia.com