BADAN TIBA-TIBA MEMAR? BUKAN KARENA HAL MISTIS TAPI INI PENYEBABNYA!

Munculnya memar pada kulit tubuh umumnya disebabkan karena adanya benturan. Namun terkadang memar bisa terjadi secara tiba-tiba tanpa adanya penyebab yang jelas. Hal ini terkadang  perlu diwaspadai karena bisa jadi menjadi salah satu gejala penyakit.

Meski begitu, tidak sedikit yang mengaitkannya dengan kejadian mistis karena munculnya lebam ini terjadi secara tiba-tiba dan penderitanya tidak mengalami keluhan sama sekali sebelumnya. Apalagi luka memar yang muncul ini pun tidak terasa sakit sama sekali.

Apakah Sobat Sehat pernah menjumpai memar pada bagian tubuh tanpa mengetahui sebabnya? Bukan karena hal-hal mistis, namun munculnya lebam pada tubuh bisa jadi karena beberapa hal berikut,

Akibat Pembuluh Darah Pecah

Dalam dunia medis, luka memar yang terjadi pada tubuh disebut dengan purpura simplex. Hal ini terjadi karena adanya penggumpalan darah akibat pecahnya pembuluh darah. Penggumpalan juga bisa terjadi karena jumlah dan kondisi trombosit, kondisi pembuluh darah dan mekanisme pembekuan darah.

Faktor Stress

Lelah dan stress pun merupakan faktor utama munculnya lebam pada tubuh. Rasa lelah membuat sel-sel berkurang dan membuat lebam timbul di permukaan kulit. Karenanya, Sobat Sehat harus istirahat cukup dan tidak terlalu memikirkan banyak hal agar tidak terlalu lelah dan stress.

Konsumsi Makanan Tertentu

Selain itu, lebam biru yang muncul di permukaan kulit bisa juga dipicu oleh makanan yang dikonsumsi. Beberapa jenis makanan yang bisa memicu lebam pada tubuh antara lain jahe, bawang putih, dan ikan.

Faktor Usia

Bertambahnya usia juga bisa mengakibatkan penurunan fungsi pembuluh darah. Saat memasuki usia lanjut, darah akan lebih mudah untuk menggumpal karena lapisan pada kulit mengendur akibat kehilangan lemak. Hal ini membuat dinding pembuluh darah menjadi tidak terlindungi, sehingga mudah pecah dan menyebabkan memar.

Alergi Obat

Alergi terhadap obat juga bisa membuat lebam biru pada tubuh. Misalnya saja obat pengencer darah seperti aspirin yang bisa memicu pendarahan sehingga menimbulkan lebam. Meskipun asprin merupakan obat untuk mencegah penggumpalan darah, namun obat ini juga berisiko membuat pendarahan sulit dihentikan.

Bisa Jadi Gejala Penyakit Tertentu

Meskipun lebam biru pada kulit akan hilang sendiri tanpa diobati, namun tidak ada salahnya Sobat Sehat tetap waspada. Terlebih jika munculnya luka ini disertai dengan keluhan-keluhan lain. Karena luka lebam yang muncul pada tubuh tersebut juga bisa menjadi indikasi dari penyakit tertentu. Misalnya seperti Hemofilia, gagal ginjal, bahkan Leukimia.

Meski begitu, Sobat Sehat tidak bisa mendiagnosis sendiri. Untuk mengetahui apakah memar yang Anda alami merupakan gejala penyakit tertentu atau bukan, tentunya Anda perlu melakukan tes darah terlebih dahulu. Segera konsultasikan dengan dokter jika tubuh Anda mengalami lebam atau memar lebih sering dari biasanya dan disertai dengan nyeri juga bengkak, terlebih jika sebelumnya Anda memiliki riwayat pendarahan parah.

Jadi, apakah Sobat Sehat masih percaya jika luka lebam atau memar yang muncul tiba-tiba ini disebabkan oleh hal-hal mistis?

Source:

Alodokter.com

IDN Times