TIDAK INGIN KEPALA BAYI PEYANG? LAKUKAN INI BUNDA

Salah satu hal yang mungkin menjadi perhatian para orangtua saat memiliki bayi adalah kondisi kepala bayi peyang. Kepala peyang atau flat head syndrom merupakan kondisi dimana kepala bayi yang berbentuk tidak simetris.

Hal ini terjadi karena tulang tengkorak bayi masih lembut dan masih tumbuh setiap menitnya, namun ia mengalami keadaan tertentu yang membuat bentuk kepalanya menjadi asimetris, atau satu sisi dengan sisi lainnya seperti terlihat tidak seimbang.

Bentuk kepala peyang memang tidak berpengaruh dengan otak atau kecerdasan si kecil. Namun kondisi ini bisa mempengaruhi penampilannya, apalagi saat ia sudah tumbuh besar.

Kepala bayi peyang bisa terjadi karena beberapa hal. Salah satunya adalah posisi tidur yang sama dalam jangka waktu yang lama. Kepala bayi peyang biasanya terlihat pada usia empat bulan pertama kehidupannya. Namun pada masa empat bulan ini pula kepala bayi peyang bisa diatasi.

Dilansir dari Tirto.id, berikut merupakan beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah kepala bayi peyang.

1. Buat Variasi Posisi Tidur

Sebaiknya posisi tidur bayi tidak selalu sama setiap saat agar kepala bayi tidak peyang. Posisi tidur terlentang memang dianjurkan untuk bayi, karenanya, saat ia terbangun sebaiknya jangan terus meletakkannya di tempat tidur. Tidak ada salahnya untuk sesekali menggendong, memangku, atau menaruhnya di kursi bayi.

2. Perhatikan Posisi Saat Menyusui

Bunda, sebaiknya Anda bergantian menggunakan lengan kanan dan kiri untuk menyangga kepala si kecil saat menyusuinya. Hal ini bisa membuat kepala bayi tidak terus menerus berada di posisi yang sama saat menyusu ke ibunya.

3. Bermain dengan Tengkurap

Saat bayi bangun dari tidurnya, Anda bisa mengajaknya untuk tummy time, atau bermain dengannya dalam keadaan tengkurap dan telungkup di atas alas yang nyaman. Namun Anda perlu memperhatikan jika posisi tengkurap bayi dalam delapan minggu pertama hidupnya hanya bisa dilakukan setidaknya selama lima menit dalam sehari. Sesekali menengkurapkan si kecil akan bagus untuk mengurangi risiko kepala bayi peyang.

4. Melatih bayi menggerakkan kepala

Anda bisa menggunakan mainan atau sesuatu yang bisa menarik perhatian si kecil untuk melatihnya menggerakkan kepala. Karena dengan aktif bergerak, posisi bayi dapat berganti-ganti dari satu sisi ke sisi lain. Hal ini pun dapat menyeimbangkan bentuk kepalanya secara bertahap sekaligus mencegah kepala peyang.

Meskipun kepala bayi peyang tidak berpengaruh pada kecerdasan otak bayi, namun tidak ada salahnya mencegah. Agar saat sudah besar nanti ia tidak merasa terganggu dengan penampilannya.

Source:

Tirto.id