MERASA PUSING SAAT BANGUN TIDUR? KENALI PENYEBABNYA!

Bukannya merasa segar saat bangun tidur, tapi malah merasa pusing bahkan hampir jatuh saat beranjak dari tempat tidur. Pernahkah Sobat Sehat berada dalam kondisi demikian?

Merasa pusing saat bangun tidur dapat muncul secara perlahan atau tiba-tiba. Terdapat beberapa gejala pusing yang berlangsung singkat dan dan dapat mereda dengan sendirinya setelah beberapa menit. Namun, ada pula yang berlangsung hingga beberapa jam setelah bangun tidur. Bahkan rasa pusing ini membuat penderitanya sulit untuk beraktivitas.

Ternyata, ada beberapa kemungkinan penyebab pusing saat bangun tidur, diantaranya adalah:

1. Hipotensi ortostastik

Ini merupakan kondisi menurunnya tekanan darah saat seseorang bangun dan berdiri dari posisi duduk atau berbaring. Kondisi ini juga disebut sebagai hipotensi postural.

Biasanya hipotensi ortostatik ini hanya berlangsung selama beberapa menit dan dapat membaik dengan sendirinya.

2. Dehidrasi

Saat mengalami dehidrasi, biasanya tubuh akan terasa lemas, pusing, dan kehausan. Dehidrasi juga merupakan salah satu penyebab terjadinya pusing saat bangun tidur. Biasanya, dehidrasi yang membuat kepala pusing saat bangun tidur ini disebabkan karena tidur di tempat yang bersuhu panas, kurang minum air putih, atau terlalu banyak mengkonsumsi kopi, teh, dan minuman beralkohol sebelum tidur. Selain itu, dehidrasi juga dapat disebabkan oleh muntah-muntah juga diare.

3. Vertigo

Vertigo memiliki gejala berupa kepala terasa terbang atau lingkungan sekitar seakan-akan melayang. Biasanya, vertigo disebabkan oleh kelainan pada telinga bagian dalam atau bagian otak yang mengatur koordinasi keseimbangan tubuh.

4. Gula darah rendah

Pusing saat bangun tidur bisa jadi juga disebabkan oleh rendahnya kadar gula dalam tubuh atau hipoglikemia. Berkurangnya kadar gula ini biasanya terjadi pada penderita diabetes yang mengonsumsi obat-obatan antidiabetes seperti insulin. Selain merasa pusing saat bangun tidur, penderita hipoglikemia pun biasanya akan merasa lemas, gemetar, keringat dingin, dan mengalami kebingungan.

5. Sleep apnea

Sleep apnea merupakan gangguan tidur yang dapat membuat penderitanya berhenti bernafas  selama beberapa detik saat tidur. Penderitanya pun kerap kali mengorok saat tidur. Penyakit sleep apnea ini dapat membuat penderitanya mengalami kekurangan oksigen yang dapat menimbulkan gejala pusing saat bangun tidur.

6. Efek samping obat-obatan tertentu

Terdapat beberapa jenis obat yang dapat menimbulkan efek samping pusing. Misalnya seperti antidepresan, antikejang, antihistamin, obat penurun tekanan darah, diuretik, obat penenang, dan antibiotik.

Agar terhindar dari efek samping tersebut, sebaiknya Sobat Sehat memastikan untuk selalu membaca label dan petunjuk penggunaan obat yang dikonsumsi. Jika perlu, tanyakan pada dokter tentang efek samping yang bisa saja terjadi karena konsumsi obat tersebut.

Merasa pusing saat bangun tidur memang bisa disebabkan karena penyakit tertentu. Mengobati penyakit tersebut merupakan langkah yang tepat untuk mengatasi keluhan ini. Pastikan Sobat Sehat selalu rutin mengkonsumsi makanan yang bergizi, rutin berolahraga, kelola stress dengan baik dan jika perlu lakukan pemeriksaan secara rutin. 

Salam Sehat!

Source: alodokter.com