LAGI BADMOOD KARENA SARIAWAN, DITAMBAH NGGAK BOLEH CIUMAN?

Saat sariawan tentunya Anda merasa kurang nyaman untuk makan atau minum karena terasa perih dan sakit. Sariawan atau stomatitis terjadi karena beberapa hal yaitu kekurangan vitamin B12, sistem imun yang sedang menurun, terkena infeksi virus, cidera pada lapisan mulut, efek samping obat tertentu, perubahan hormon, konsumsi makanan atau minuman tertentu, atau karena kondisi psikologis yang sedang tak stabil. Nah, banyak mitos yang muncul tentang sariawan, salah satunya adalah saat sariawan tidak boleh berciuman. Benar tidak ya?

Pada dasarnya, sariawan bukanlah penyakit yang dapat menular, kecuali bila disebabkan oleh virus sehingga aman-aman saja bila berciuman.

Namun, yang dikhawatirkan adalah terjadinya penularan infeksi lainnya seperti infeksi HIV/AIDS, infeksi menular seksual, atau penyakit lain yang menular, maka sebaiknya aktivitas seperti ciuman dihindari bila ada luka di dalam mulut, seperti sariawan.

Pastikan untuk menjaga kebersihan rongga mulut, makan-makanan bergizi seimbang, perbanyak buah dan sayur, dan jangan merokok ya agar terhindar dari sariawan.