TIDAK SELALU TUMOR, INI DIA PENYEBAB MUNCULNYA BENJOLAN DI TUBUH

Pernahkah Anda merasakan ada benjolan aneh yang muncul di anggota tubuh? Beberapa benjolan pada tubuh yang tiba-tiba muncul perlu diwaspadai karena bisa jadi ini merupakan pembesaran kelenjar getah bening yang mengarah ke limfoma atau kanker darah yang muncul dalam sistem limfatik. Kasus yang paling sering muncul adalah munculnya benjolan di bagian leher atau ketiak. Namun, bukan berarti semua benjolan mengarah ke penyakit serius. Gejala yang dirasakan bersamaan dengan munculnya benjolan biasanya dapat menunjukkan benjolan tersebut berbahaya atau tidak.

Bila benjolan yang muncul disertai dengan nyeri atau demam, maka kemungkinan besar benjolan tersebut merupakan tanda infeksi, bukan tumor. Benjolan tumor justru tidak diikuti dengan keluhan lainnya, sehingga menyebabkan pasien terlambat menyadarinya.

Jadi, bila Anda menemukan benjolan yang tidak biasa di area tubuh, dan dibarengi dengan penurunan berat badan yang drastis, kelelahan, gatal di kulit, dan sering berkeringat di malam hari, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter agar dapat diputuskan apakah benjolan tersebut berbahaya atau tidak.